Kenapa Sepak Bola Indonesia Tak Ada Kemajuan?

Kenapa Sepak Bola Indonesia Tak Ada Kemajuan?
Foto: jawapos.com

Sepak bola masih jadi primadona di Indonesia dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya. Namun sayang, sepak bola Indonesia dari masa ke masa jika diperhatikan sama sekali tidak ada kemajuan.

Tanpa bermaksud merendahkan, kemampuan para pemain sepak bola Indonesia masih jauh jika dibandingkan dengan kelas pemain negara-negara Eropa. Buktinya saja Indonesia sangat sulit sekali mendapatkan juara bahkan untuk tingkat Asia Tenggara. Boro-boro masuk Piala Dunia, masuk Piala Asia saja Indonesia sering tereliminasi. Padahal sepak bola di tanah air begitu diminati banyak orang.

Tak hanya dari kualitas pemain saja, rupanya ada beberapa hal lain yang membuat sepak bola kita tak ada kemajuan. Mungkin beberapa alasan ini jadi penyebab kualitas sepak bola di Indonesia tetap diam di tempat.

1. Sepak bola bukan keahlian Indonesia

Kenapa Sepak Bola Indonesia Tak Ada Kemajuan?
Foto: sumberbola.com

Walau jadi primadona, tetap saja dari dulu Indonesia tidak terkenal dengan sepak bolanya di mata dunia. Melainkan kita lebih terkenal dengan kemampuan bulu tangkisnya yang hebat dan terbukti sudah menjuari banyak kejuaraan dunia. Mungkin sudah dari dulunya, jiwa sepak bola tidak mengalir di darah orang-orang Indonesia. Tapi faktanya, sepak bola yang selalu jadi andalan meski sangat langka juara.

2. Manajemen klub yang tidak memadai

Kenapa Sepak Bola Indonesia Tak Ada Kemajuan?
Foto: football-tribe.com

Klub-klub besar seperti Barcelona atau Real Madrid tentu memiliki manajemen klub yang sangat bagus dan efektif. Dengan sistem manajemen yang tepat, tentu hal itu akan berpengaruh pada kualitas pemain, seperti cara latihan, fasilitas, dan termasuk gaji para pemain.

Berbeda dengan di Indonesia, dimana manajemen klub masih dibilang ala kadarnya. Fasilitas kurang, kadang gaji telat, pelatihan yang gitu-gitu saja, membuat kualitas pemain sepak bola di Indonesia tetap berjalan di tempat.

Baca juga: Deretan Pemain Sepak Bola Dunia Keturunan Indonesia

3. Suporter fanatik

Kenapa Sepak Bola Indonesia Tak Ada Kemajuan?
Foto: tempo.co

Sudah bukan rahasia lagi kalau suporter di Indonesia terkenal dengan fanatiknya. Misalnya saja yang terkenal sering bentrok yaitu The Jack dan Viking. Sifat fanatik dan tak berpendidikan yang dilakukan para suporter membuat nama sepak bola Indonesia tercontreng di mata dunia. Selain suka bentrok, mereka suka bikin kegaduhan di stadion, seperti merusakan kursi, pagar, ricuh, atau menyalakan suar.

4. Organisasi sepak bola di Indonesia tidak introspeksi

Kenapa Sepak Bola Indonesia Tak Ada Kemajuan?
Foto: teropongsenayan.com

PSSI dan Menpora adalah dua organisasi yang berperan penting dalam kemajuan sepak bola di Indonesia. Kadang dua organisasi ini sering terjadi kericuhan, seperti yang terjadi beberapa tahun lalu ketika keduanya mempersalahkan klaim liga yang legal, masalah dualisme klub, dan bahkan PSSI nyaris dibekukan oleh FIFA. Jadi wajar saja jika sepak bola di tanah air tidak akan ada kemajuan bila dari atasnya tidak pernah introspeksi.

5. Masih banyak kecurangan

Kenapa Sepak Bola Indonesia Tak Ada Kemajuan?
Foto: tribunnews.com

Wasit disogok, pengaturan skor, dan korupsi masih sering ditemukan di dunia persepakbolaan Indonesia. Hal ini tentu membuat sepak bola Indonesia semakin terpuruk saja. Di sinilah peran penting PSSI dan organisasi lainnya untuk berbenah agar penyakit seperti ini tidak ada lagi di dunia sepak bola Indonesia.

Loading...