Kenapa Cincin Tunangan Dipakai di Jari Kiri?

Cincin Tunangan
Foto: aol.com

Beberapa pasangan ada yang memilih melangsungkan pertunangan terlebih dahulu sebelum menikah. Biasanya wanita yang akan dilamar akan memakai cincin tunangan di jari kirinya, kemudian setelah menikah cincin tersebut akan berpindah ke jari tangan kanan.

Tahu tidak kenapa cincin tunangan dipakai di jari kiri? Tradisi memakai cincin tunangan di jari manis tangan kiri sudah ada sejak zaman Yunani dan Romawi kuno. Menurut mereka di jari manis ada yang disebut pembuluh “vena cinta”, pembuluh yang mengalirkan darah langsung ke jantung.

Jadi maksud cincin dipakai di jari kiri karena yang tunangan belum resmi jadi sepasang kekasih. Mereka hanya terikat dari hati saja dan dengan memakai cincin di jari kiri, diharapkan nanti bisa membuktikan jadi ikatan cinta yang sesungguhnya.


Vena cinta itu yang dipercaya masyarakat Romawi dapat menghubungkan hati sepasang kekasih untuk menjadi satu sebagai istri dan suami.

Baca juga: Fakta Sebenarnya Buku Kamasutra Yang Tak Seperti Kamu Pikirkan

Ketika menikah, baru cincin tersebut berpindah ke jari tangan kanan karena sudah resmi jadi sepasang kekasih yang sesungguhnya.

Nah begitulah alasan kenapa cincin pertunangan suka dipakai di jari kiri. Tujuannya yaitu agar pasangan kekasih bisa menikah di kemudian hari.

Loading...
Tidak akan spam kok!