Foto Langka Ini Tunjukkan Penampakan Kakbah Tanpa Kiswah

Foto Langka Ini Tunjukkan Penampakan Kakbah Tanpa Kiswah
Foto: Al Arabiya

Situs berita Al Arabiya baru-baru ini mempublikasikan foto langka yang menunjukkan Kakbah tanpa kiswah atau sampul penutup. Foto tersebut diambil pada tahun 1940.

Kiswah merupakan sampul atau kain penutup Kakbah yang terbuat dari sutera murni. Pada tahun 1940 dulu, Kakbah belum dipasang kiswah sehingga penampilannya hanya berupa bangunan yang tersusun dari batu bata merah.

Butuh biaya 22 juta riyal dan waktu sampai 10 tahun untuk membuat kiswah. Sementara itu, kiswah sendiri terbuat dari sutera murni dengan berat 670 kilogram, 10 kilogramnya terdiri dari lapisan perak dan kawat sutra dari emas murni.

Begini penampakan kiswah yang menutupi seluruh Kakbah.

Foto Langka Ini Tunjukkan Penampakan Kakbah Tanpa Kiswah
Foto: Al Arabiya

Kiswah terdiri dari 47 gulungan, masing-masing memiliki panjang 14 meter dan lebar 95 sentimeter. Pada bagian sabuk kiswah yang mengelilingi seluruh Kakbah, dihiasi dengan bordir halus yang ditutupi kabel perak berlapis emas.

Baca juga: Ini Bukti Ilmiah Kalau Sumur Zamzam Mampu Tenggelamkan Bumi

Lebih dari 240 karyawan dan staf bertugas mengerjakan kiswah di sebuah pabrik. Semuanya tersebar di berbagai departemen yang dilengkapi dengan mesin canggih.

Menurut manajer umum pabrik pembuat kiswah Kakbah, Dr. Mohammed Abdullah Bajuda, mengatakan bahwa kiswah mengalami pergantian setiap tahunnya.

Pergantian kiswah biasanya dilakukan setiap tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu ketika jamaah haji sedang berjalan ke Bukit Arafah pada saat musim haji.

Loading...