Waktu Memang Tak Bisa Diputar, Tapi Masa Depan Bisa Kita Tentukan

Foto: zocalopublicsquare.org

Kadang dalam hidup ini kita pernah berpikir untuk memutar waktu dan memperbaiki segala sesuatu yang pernah terjadi. Hidup itu sudah ada garisnya, segala sesuatu yang pernah kita alami, baik itu yang pahit atau manis sudah jadi takdir Tuhan.

Memutar kembali waktu agar bisa memperbaiki kesalahan atau kegagalan kita dulu adalah hal yang mustahil. Tak ada orang yang mampu melawan waktu, kita hidup di dunia ini sebenarnya hanya mengikuti waktu.

Banyak orang yang belum bisa melepaskan rasa penyesalan dulu dan bahkan tak sedikit yang putus asa menjalani kerasnya hidup ini.

Foto: englishcafe.co.id

Ya, kita memang tak bisa memutar kembali waktu, tapi kita bisa menentukan masa depan kita sendiri. Apapun kesalahan atau kegagalan kita di masa lalu bisa kita perbaiki di masa depan.

Mungkin dulu kita adalah orang yang nakal, tapi di masa depan kita bisa jadi orang yang baik. Dulu kita mungkin banyak mengalami kegagalan, tapi di masa depan kita bisa jadi orang yang sukses.

Baca juga: Bukan Tertawa, Puncaknya Bahagia Itu Adalah Menangis

Apapun yang akan kita raih di masa depan tergantung dari perjuangan kita sekarang. Jika kita ingin jadi orang baik di masa depan maka dari sekarang harus belajar jadi orang baik. Jika kita ingin sukses di masa depan, maka sekarang kita harus bekerja keras.

Foto: express.co.uk

Memang segala sesuatu itu sudah ditakdirkan oleh Tuhan, tapi tahu tidak kalau Tuhan itu sebenarnya memberikan pilihan takdir kepada semua makhluknya. Misalkan apakah kamu ingin jadi orang baik atau jahat, kaya atau miskin, pintar atau bodoh, itu adalah pilihan kalian.

Tuhan hanya mengabulkan apa yang jadi pilihan kita. Dan tentunya pilihan tersebut dikabulkan berdasarkan dari sikap kita sehari-hari. Apakah kita menunjukkan sikap seperti orang yang mau kaya atau mau miskin, mau jadi orang baik atau jahat.

Jangan salahkan Tuhan atau polisi jika kalian masuk penjara, tapi salahkan diri sendiri kenapa kita jadi seorang pencuri. Kira-kira seperti itulah ilustrasinya.

So, apapun yang sudah kita lalui di masa lalu sudah tak bisa diulang lagi. Tapi kita bisa memperbaiki kesalahan dan kegagalan masa lalu di masa yang akan datang.

 

Loading...
Tidak akan spam kok!