in

Ternyata Mimpi Yang Kita Alami Jangan Diceritakan Pada Orang Lain

Ilustrasi (foto: besthealthmag.ca)

Semua orang di dunia ini pasti pernah bermimpi saat tidur. Namun tak begitu banyak orang yang mengingat mimpi-mimpi itu dengan sangat jelas dan detail. Terkadang mimpi yang kita alami menjadi sesuatu yang sangat spesial sampai rasanya ingin kita ceritakan pada orang lain. Namun, tahukah Anda ternyata menceritakan mimpi yang kita alami tidak disarankan?

Jim Davis, seorang profesor Institute of Cognitive Science, Carleton University memaparkan dua teori mengapa mimpi sebaiknya tidak diceritakan pada orang lain. Dalam artikelnya yang dirilis pada Mei 2017 lalu di Scitific American 9, Jim menjelaskan dua teori ini berkaitan dengan aktivitas sintetis syaraf dan situasi persiapan yang mengancam.

Dalam teori pertama, Jim menjelaskan teori aktivitas-sintetis dimana mimpi merupakan interpretasi dari aktivitas acak syaraf tulang belakang dan otak kecil oleh otak depan kita. Hal inilah yang membuat mimpi menjadi aneh karena informasi yang didapat sedikit kacau.

(foto: onedio.com)

Teori mengenai aktivitas sintetis ini juga mendukung adanya interpretasi emosi melalui mimpi dengan contoh mimpi buruk datang saat Anda merasa khawatir di dunia nyata. Mimpi buruk berasal dari kekhawatiran Anda di dunia nyata, bukan kekhawatiran yang berasal dari mimpi buruk.

Teori yang kedua adalah mimpi sebagai persiapan untuk menghadapi situasi yang mengancam. Jim menjelaskan beberapa bukti yang berkaitan dengan hal ini, yakni emosi mimpi yang biasanya negatif dan topik mimpi yang berkutat pada ancaman nenek moyang seperti jatuh, sikejar, bencana alam dan lainnya.

Anda pasti pernah mengalami mimpi jatuh, dikejar hewan, mengalami kemalangan dan lainnya yang kemudian dikaitkan dengan mitos atau kepercayaan nenek moyang. Namun, seberapa seringkah hal tersebut terjadi di dunia nyata? Hal inilah yang menjadikan Anda berusaha mempersiapkan diri bila menghadapi hal serupa di dunia nyata.

Jim berkata, salah satu alasannya adalah kepercayaan bahwa diskusi menjadi salah satu cara yang baik untuk mengahadapi masalah, termasuk masalah yang Anda lihat dalam mimpi.

Bias negativitas juga berpengaruh dalam hal ini. Inilah yang menyebabkan manusia akan lebih perhatian pada hal-hal negatif yang berbahaya. Hal ini bahkan kerap kali dikaitkan dengan deja vu yang biasa dialami oleh beberapa orang.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Selebgram Paling Seksi Se Indonesia

6 Seleb Hollywood Yang Memiliki Otak Sejenius Einstein