Terkuak Alasan Rautan Pensil Tak Boleh Ditiup

Rautan Pensil Tak Boleh Ditiup

Saat kecil, kita pasti pernah mendengar larangan untuk meniup rautan pensil karena kabarnya akan membuat rautan pensil tersebut menjadi tumpul. Tapi benarkah meniup rautan pensil dapat membuatnya menjadi tumpul?

Hal ini memang dianggap sebagai mitos belaka, namun ada juga yang mempercayai hal tersebut. Nah, untuk kamu yang penasaran akan kebenarannya, ternyata ada sebuah penelitian yang telah memecahkan masalah ini.

Ternyata rautan pensil yang ditiup memang bisa menjadi tumpul karena adanya uap air yang keluar dari mulut saat kita meniupnya. Rautan pensil memiliki besi di dalamnya, dan hal ini bisa dijelaskan secara kimiawi bahwa besi yang bertemu dengan uap air jelas akan bereaksi.

Campuran dari besi dan uap air dapat dijelaskan degan rumus berikut ini:

Besi (Fe) + Uap Air = Karat Besi (Fe2O3.nH2O)

Karat besi merupakan sebuah peristiwa elektro kimia akibat besi yang mengalami korosi kemudian menjadi karat. Pada proses ini, besi bertindak sebagai pereduksi dan oksigen yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi.

Karat pada besi akibat adanya reaksi antara besi dan uap air inilah yang membuat rautan pensil menumpul. Jadi sekarang sudah tidak penasaran bukan dengan larangan meniup rautan pensil?

Loading...
Tidak akan spam kok!