in

Lihat Kesehatan Kamu Berdasarkan Warna Lidah

Lidah (foto: simplysupplements.co.uk)

Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang berfungsi membantu mencerna dan mengunyah makanan. Dengan adanya lidah, kita bisa merasakan rasa suatu makanan, apakah manis, pahit, pedas atau asin.

Lalu penasaran gak sih kenapa ketika kamu sakit dan dokter menyuruh kamu untuk membuka mulut dan menjulurkan lidah? Dokter sebenarnya ingin mengetahui warna lidah kamu saat sakit. Dan ternyata warna lidah dapat dijadikan indikator kondisi kesehatan kamu.

Meski pada umumnya warna lidah adalah pink, adanya gangguan kesehatan pada tubuh akan mengubah warnanya menjadi merah, gelap atau warna yang lainnya. Berikut WowMenariknya merangkum arti warna lidah yang menjelaskan kondisi kesehatan tubuh pada manusia.

1. Warna Merah

Orang yang memiliki lidah berwarna merah mengkilap dan terang ternyata memiliki masalah kesehatan tersendiri. Lidah merah dan halus menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin B12 atau kekurangan zat besi.

2. Warna Gelap dengan bulu halus

Jika memiliki warna lidah yang cenderung gelap dengan tambahan ‘bulu’ papila halus yang berwarna kecolakatan, kamu harus waspada. Hal ini berarti kamu termasuk orang yang jorok dan tak menjaga kebersihan gigi serta mulut.

3. Warna Putih

Lidah yang berwarna putih terindikasi sudah terinfeksi oleh jamur. Hal ini bisa menyebabkan lidah mengalami sariawan.

4. Kerutan pada lidah

Usia juga bisa membuat lidah menjadi menua, penuaan pada lidah terlihat dari timbulnya kerutan dipermukaan lidah,. Kerutan tersebut akan membuat bakteri dan jamur bersarang di lidah.

5. Benjolan putih dibawah lidah

Pernah meraskaan adanya benjolan putih kecil dibawah lidah? sekalipun tidak sakit, tapi benjolan putih ini jika dibiarkan akan menyebabkan kanker. Hal ini baisanya terjadi pada perokok dan orang yang terlalu sering menggosok lidah.

6. Bercak merah pada lidah

Jangan anggap sepele bercak merah yang timbul pada lidah, terutam jika kamu sudah mengalaminya lebih dari dua minggu. hal ini bisa jadi gejala awal kanker lidah. Hal ini umumnya terjadi pada perokok dan juga orang yang terjangkit virus HPV.

Jadi bagaimana kondisi kesehatan kamu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sulit Tidur? Trik Ini Akan Membuatmu Tertidur Dalam 60 Detik

Kebut-Kebutan, Biker Ini Berakhir Terperosok Ke Jurang