in

Empat Kutukan Seram Yang Terkuak Kebenarannya Oleh Sains

Ilustrasi (foto: youtube.com)

Kutukan sering dikaitkan oleh masyarakat dengan hal-hal berbau mistis yang bisa mendatangkan petaka. Cerita tentang kutukan biasanya muncul karena ada kejadian mengerikan di masa lampau.

Banyak orang yang mempercayai begitu saja cerita tentang kutukan tanpa tahu kebenarannya. Padahal kutukan yang sering diceritakan belum tentu merupakan ulah makhluk astral, tapi memang ada penjelasan jika dilihat dari mata sains.

Seperti kisah empat kutukan terkenal ini yang awalnya dipercaya masyarakat bisa mendatangkan sial, bencana, hingga kematian. Namun pada akhirnya kutukan-kutukan ini terkuak kebenarannya oleh sains. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kutukan Pasukan Terakota

(foto: audeytravel.com)

Artefak paling berharga di dunia ditemukan oleh petani dari desa yang di China pada tahun 1974. Artefak itu merupakan 8.000 lebih pasukan terakota (tembikar) yang telah berumur 2.200 tahun. Setelah menemukan artefak itu, para petani justru merasa sengsara.

Bagaimana tidak, desa mereka kini telah hilang karena dijadikan situs penggalian. Tak cukup disitu, banyak dari petani yang menemukan terakota itu jatuh sakit, kelaparan dan bahkan ada yang bunuh diri.

Setelah diselidiki, ternyata tanah desa tempat mereka tinggal mengandung merkuri. Sehingga konsumsi yang berasal dari tanah seperti air atau makanan menjadi terkontaminasi oleh merkuri yang secara bertahap akan menurunkan kesehatan secara drastis karena keracunan.

2. Kutukan Mumi Firaun

(foto: history.com)

Kisah tentang kutukan kematian Firaun sudah jadi cerita yang umum. Apalagi kisah ini berapa kali diangkat ke layar lebar. Kutukan kematian ini terjadi kepada orang yang telah membuka makam atau kuburan Firaun yang ada di dalam piramida.

Setelah diteliti, bukanlah kutukan yang menyebabkan kematian melainkan apa yang terkandung dalam makam Firaun tersebut. Makam Firaun mengandung spora jamur yang sangat berbahaya, gas amonia, formalin, bahkan zat radioaktif seperti Uranium. Karena kandungannya ini maka makam kuno menjadi sangat berbahaya untuk dimasuki.

3. Kutukan rumah keluarga Perron

(foto: the-line-up.com)

Kisah ini terjadi pada abad ke-18 yang menceritakan tentang keluarga Perron yang pindah ke rumah baru mereka yang berada di Burrillville, Pulau Rhode, Amerika Serikat. Setelah pindah, keluarga itu sering melihat sosok gaib seperti seorang wanita yang menggantung di langit-langit. Dan beberapa bagian keluarganya pun pernah kerasukan dan berbicara dengan bahasa yang sulit dimengerti.

Ternyata, kejadian yang menimpa keluarga Perron bisa dijelaskan secara ilmu pengetahuan. Pada jaman dulu, rumah-rumah cenderung memiliki sistem perapian yang buruk. Sehingga asap dari perapian bisa bocor pada malam hari dan yang menghirupnya akan mengalami keracunan karbon monoksida. Efek yang diterima yaitu halusinasi, kejang, atau bahkan tidak sadarkan diri.

4. Hantu Jalur Mary King

(foto: pinterest.com)

Jalur Mary King berada di bawah bangunan gedung tua di Edinburg, Skotlandia. Sebelum jalur ini dibuka pada tahun 2003, banyak orang yang melihat penampakan-penampakan seperti hantu atau bola api yang berterbangan. Sehingga orang sekitar percaya bahwa jalur itu telah dikutuk oleh roh dari korban penyakit pes yang telah dibuang di jalur itu.

Namun peneliti menyatakan bahwa penampakan hantu itu sebenarnya terjadi karena kebocoran gas beracun dari rawa. Selain itu, adanya rawa disana juga mengakibatkan jalur Mary King menjadi lembab dan menimbulkan pantulan cahaya yang aneh.