Begini Cara Permainan Monopoli Membantu Membebaskan Tahanan Nazi

Permainan Monopoli
Foto: boredomtherapy.com

Jika Anda termasuk generasi tahun 90-an, Anda mungkin pernah memainkan permainan Monopoli ini. Dulu game ini begitu populer di kalangan anak-anak dan juga orang dewasa. Tapi karena game ini sudah ada versi virtualnya, sekarang papan Monopoli hanya tinggal kenangan.

Permainan Monopoli ini diciptakan oleh Parker bersaudara pada tahun 1930-an. Selama puluhan tahun lamanya, game ini sangat populer di seluruh dunia. Namun sebenarnya permainan ini pertama kali ditemukan oleh wanita bernama Elizabeth Magie dan namanya bukan Monopoli tapi The Landlord’s Game.

Tapi banyak yang tidak tahu kalau game ini berperan penting dalam Perang Dunia II. Bukan hanya sekedar hiburan, Monopoli dimanfaatkan oleh tahanan tentara Inggris sebagai sarana untuk membebaskan diri dari kamp kosentrasi Nazi Jerman.

Foto: boredomtherapy.com

Ribuan tentara Inggris ditahan di penjara Nazi. Sadar nyawa mereka sedang terancam, pasukan Inggris mulai memikirkan cara untuk membebaskan diri. Salah satu cara brilian yang digunakan oleh mereka adalah dengan memanfaatkan permainan Monopoli. Bagaimana caranya?

Tentara Jerman mengizinkan tahanan Inggris untuk menerima paket dari luar selama di dalam penjara, dengan syarat isi paketnya bukan senjata atau alat-alat untuk melarikan diri.

Baca juga: 8 Potret Mengerikan Wanita-Wanita Nazi

Hal itulah dimanfaatkan oleh badan intelejen Inggris MI9 untuk merancang gagasan sederhana demi menyelamatkan para tahanan Inggris.

Beberapa anggota intelejen pun sengaja melakukan misi untuk ditangkap tentara Nazi. Namun mereka diperingatkan untuk tetap mengawasi permainan Monopoli yang dikirim lewat paket.

Foto: boredomtherapy.com

MI9 kemudian bekerjasama dengan dengan produsen Monopoli di Inggris, Waddington’s, untuk membuat papan monopoli yang terdiri dari peta, alat logam kecil, kompas magnetik, dan perlengkapan lainnya yang tersembunyi dalam permainan tersebut.

Rencana ini digarap oleh salah satu anggota MI9 bernama Clayton Hutton. Dia menjelaskan mencetak peta pada papan Monopoli dengan menggunakan potongan sutra karena bahannya tidak berkerut ketika diperiksa oleh tentara Nazi. Dengan begitu, paket Monopoli bisa tersampaikan dengan selamat kepada para tahanan Inggris.

Kemudian alat-alat yang disembunyikan pada papan Monopoli tersebut digunakan oleh para tahanan untuk menyelamatkan diri. Dilansir situs Boredomtherapy.com, dari total 35.000 tahanan Inggris yang lolos, 20.000 di antaranya memanfaatkan Monopoli untuk melarikan diri.

Begitulah cara pasukan Inggris memanfaatkan game papan Monopoli untuk menyelamatkan diri dari penjara Nazi.

Loading...
Tidak akan spam kok!