5 Makanan ‘Murah’ Pencegah Kanker Payudara

Kanker Payudara

Kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang kaum wanita. Seperti halnya kanker payudara, riset pun membuktikan hanya 5-10% penyebab dari kanker payudara adalah faktor genetik. Tetapi, kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup, termasuk makanan yang kita konsumsi.

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, maka mengetahui mana makanan yang baik dan buruk adalah sebuah keharusan yang paling penting. Hal ini bertujuan agar tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang sembarangan.

Ahli diet dari American Institute for Cancer Research mengatakan bahwa 38% penyakit kanker payudara bisa dihindari dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Nah, berikut 5 makanan pencegah kanker payudara yang gak sampai nguras dompet.

1. Kol

Sayuran yang satu ini diketahui mengandung enzimglucosinalates yang tinggi. Enzim ini memiliki kemampuan menangkal pertumbuhan sel-sel tumor di dalam tubuh.

Riset dari Michigan State University menjelaskan bahwa mereka yang memakan kubis tiga kali seminggu setidaknya akan menguruangi risiko terkena kanker payudara hingga 72%.

2. Bebawangan

Bawang putih, bawang merah, bawang bombai dan daun seledri ternyata mengandung phytochemical yang cukup tinggi dan mampu melindungi sel tubuh tumbuh menjadi sel tumor yang kemudian berkembang menjadi sel kanker.

3. Vitamin D

Penelitian dari Cancer Cause and Control mengatakan bahawa wanita yang banyak mengonsumsi vitamin D setiap hari akan terhindar dari risiko kanker payudara hingga 50%. Kandungan Vitamin D dapat diperoleh dari susu, sereal, tuna, udang, dan salmon.

4. Brokoli

Brokoli memang dikenal dengan sayuran yang banyak memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan sulforaphane yang tinggi dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.

5. Buah persik dan prem

Buah-buahan yang satu ini memiliki kandungan asam chlorogenic dan neochologenic yang bisa membunuh sel-sel kanker.

Loading...
Tidak akan spam kok!