in

5 Kiper Paling Banyak Mencetak Gol

Dimitar Ivankov

Dalam sepakbola, kiper sejatinya bertugas menjaga gawang timnya agar tidak kebobolan tim lawan. Tidak ada kewajiban sama sekali bagi kiper untuk mencetak gol.

Wajar saja jika seorang kiper selama karirnya tidak pernah mencetak gol satu kali pun karena tugas mereka hanyalah menjaga gawang agar tidak kebobolan dan kerjaannya tetap setia menunggu di belakang sambil menjaga gawang.

Namun berbeda dengan kiper-kiper ini yang pernah mencetak hingga puluhan gol. Karena prestasinya tersebut mereka dijuluki sebagai kiper paling banyak mencetak gol. Siapa sajakah mereka? Berikut 5 kiper paling banyak mencetak gol dalam dunia sepakbola.

1. Jorge Campos

Kiper tim UNAM Pumas ini memiliki penampilan yang nyentrik dengan jersey warna-warni. Selama karirnya ia sudah mencetak lebih dari 40 gol, termasuk 9 tendangan penalti dan 31 gol non penalti.

2. Rogerio Ceni

Kiper klub asal Brazil, Sao Paulo FC ini sepanjang karirnya sudah mencetak 79 gol, termasuk 33 penalti dan 46 non penalti. Wah banyak banget yah!

3. Jose Luis Chilavert

Jose adalah kiper klub CA Penarol Montevideo. Sepanjang karirnya ia sudah mencetak 62 gol, 45 gol dari tendangan penalti dan 17 gol dari non penalti.

4. Rene Higuita

Kiper yang satu ini terkenal dengan penyelamatan legendarisnya yang disebut “Scorpion Kick Save”. Selain memiliki kemampuan ini, Higuita ternyata sudah mencetak 41 gol, 37 penalti dan 4 non penalti.

5. Dimitar Ivankov

Penjaga gawang kesebelasan Buraspor dari Bulgaria ini sepanjang karirnya sudah mencetak 42 gol yang kebanyakan berasal dari tendangan penalti.