in

5 Cerita Tragis Dari Korban Selamat Kapal Titanic

(Foto: Wonderpolis)

Pada tahun 1912, kapal terbesar sepanjang sejarah RMS Titanic melakukan pelayaran perdananya dari Inggris ke New York. Tapi sayangnya Titanic tidak pernah sampai ke tujuan karena tenggelam di Samudera Atlantik setelah menabrak gunung es.

Kisah kapal Titanic memang sudah terkenal setelah diangkat ke layar lebar oleh James Cameron. Kita hanya mengenal cerita Titanic sebagai kisah yang romantis yang berujung tragis. Tapi kita tidak tahu seperti apa cerita Titanic yang sebenarnya dari para penumpang yang selamat dalam insiden mengerikan ini.

Dari 2.224 total penumpang Titanic, korban tewas tercatat ada 1.514 orang dan yang selamat berjumlah 710 orang. Sebagian penumpang yang selamat bersedia menceritakan tentang kisah kapal Titanic. Semua ceritanya sangatlah mengerikan dan tragis.

Seperti dikutip dari Boredomtherapy, berikut 10 cerita mengerikan dari korban selamat kapal Titanic.

1. Edmond dan Michael Jr.

(Foto: Boredomtherapy)

Edmond dan Michael Jr. adalah dua anak laki-laki yang selamat dari tragedi Titanic. Mereka berdua ditempatkan oleh ayahnya ke sekoci, tapi sayang ayahnya tidak bisa ikut karena yang diprioritaskan terlebih dahulu adalah anak-anak dan perempuan.

Sebelum berpisah, ayah kedua anak itu menitipkan pesan kepada anak-anaknya yang begitu menyayat hati. Kira-kira seperti ini pesannya: “Anak-anakku, ketika ibumu datang menjemputmu, katakan padanya bahwa aku sangat mencintainya dan masih mencintainya sampai sekarang. Katakan pada ibumu kalau aku berharap dia mengikuti kita agar bisa hidup bahagia bersama dalam kebebasan dan dunia baru.”

Dari pesan tersebut, diduga kalau ayah Edmond dan Michael bercerai dengan istrinya yang membuat mereka terpisah. Ayah mereka meninggal dunia karena kedinginan.

2. Frederick Fleet

(Foto: Boredomtherapy)

Frederick adalah salah satu awak yang bertugas mengintai kondisi lautan dari atas kapal. Dia dan satu anggota kru lainnya adalah yang pertama menemukan gunung es yang akan menenggelamkan Titanic. Frederick mengatakan jika ia memiliki teropong, gunung es tersebut akan terlihat dari jauh dan kecelakaan ini tidak akan mungkin terjadi.

3. Charles Lightoller

(Foto: Boredomtherapy)

Saat sekoci Titanic mulai diturunkan, Charles Lightoller memiliki kesadaran sendiri untuk mengawasi peraturan bahwa wanita dan anak-anak yang pertama boleh naik sekoci. Alhasil banyak sekoci yang diturunkan tidak diisi penuh oleh penumpang. Sementara dia sendiri berhasil selamat dengan cara berpegangan pada kayu mengapung.

4. Harold Bride

(Foto: Boredomtherapy)

Harold Bride adalah perwira nirkabel di kapal Titanic. Dia adalah orang yang mengirimkan sinyal SOS ke kapal terdekat. Dia berhasil selamat dengan berpegangan pada kayu mengapung sebelum kapal penyelamat datang.

5. Lucile Carter

(Foto: Boredomtherapy)

Lucile Carter dan keluarganya adalah penumpang kelas satu yang kaya raya. Selama pelayaran dia memiliki semua fasilitas mewah di kapal, tapi ketika Titanic mulai tenggelam, nasibnya berubah 180 derajat. Dia harus susah payah membantu mendayung sekoci yang ia tumpangi dengan menggunakan payung. Dalam keadaan seperti ini, Carter sadar kalau kekayaannya tidak bisa berbuat apa-apa.