in

Ternyata Banyak Teman Juga Bisa Membuat Anda Kesepian, Ini Alasannya

Ilustrasi

Kesepian merupakan wabah yang sangat menyedihkan. Agar tidak kesepian tentu kita akan mencari teman sebanyak mungkin untuk bersosialisasi. Memang tak dipungkiri, teman bisa menjauhkan kita dari kesepian. Akan tetapi di jaman sekarang ini, banyak teman juga malah bisa membuat Anda semakin merasa kesepian.

Saat perasaan kesepian mulai membebani Anda, salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan memiliki banyak teman untuk bersosialisasi. Namun ternyata hal tersebut justru membuat Anda semakin menyadari apa itu kesepian. Berikut merupakan beberapa hal yang memungkinkan Anda menjadi kesepian meskipun Anda memiliki banyak teman.

1. Menghubungkan mudah, tapi tidak dengan memperdalam

Bagian dari masalah dengan menjadi hiper-sosial atau memiliki teman baru untuk mengisi kekosongan berasal dari fakta bahwa sebenarnya koneksi tersebut benar-benar kosong. Hal ini dikarenakan betapa sederhananya untuk berhubungan dengan orang baru.

Kapanpun Anda membuka aplikasi seperti Facebook atau Instagram, Anda membuat koneksi dengan orang-orang. Tapi disini terlihat jelas antara teman sejati dan teman khayalan. Seseorang bisa memiliki ribuan teman di media sosial namun hanya sekitar 50 yang benar-benar mereka tahu.

2. Kesepian bahkan ada ketika sedang berkumpul

Merasa sendiri tidak harus selalu sendirian. Coba pikirkan hal ini, dalam pertemuan keluarga, beberapa saudara berada di satu meja yang sama namun semuanya sibuk dengan ponselnya masing-masing. Orang-orang ini tidak benar-benar sendirian, namun mereka justru menciptakan kesepian itu sendiri.

Contoh nyata lainnya yaitu pasien di rumah sakit. Orang-orang yang sakit tersebut biasanya secara harfiah dikelilingi oleh dukungan dari kerabat atau keluarga mereka. Namun mereka sering merasa kesepian dan bahkan lupa bahwa kerabatnya terus berdatangan.

Sering kali setiap jenis pemisahan, entah itu secara harfiah atau emosional dapat membuat kita benar-benar merasa sendirian.

3. Banyak teman tapi tidak mengerti kita

Bila Anda benar-benar terhubung dengan seseorang, Anda akan mempercayai orang tersebut secara sepenuhnya. Kepercayaan memungkinkan Anda untuk bertukar pikiran ataupun perasaan Anda. Namun hubungan yang tidak dekat atau dangkal dapat membuat orang merasa jauh karena pikiran dan perasaan yang mereka miliki tidak dipertukarkan atau dibagikan.

Meskipun begitu, mengapa Anda mau untuk berbagi pemikiran atau gagasan Anda dengan seseorang jika Anda tidak tahu bahwa orang tersebut bisa dipercaya atau tidak? Hubungan yang dangkal inilah yang membuat Anda kembali ke masalah sebelumnya.

Anda merasa kesepian, Anda mencoba bertemu dengan banyak orang, Anda terhubung dengan orang yang tidak sesuai, dan orang-orang meninggalkan Anda. Karena itulah orang bijak sering mengatakan bahwa mereka lebih suka memiliki dua teman yang benar-benar mengerti mereka daripada memiliki banyak teman tapi tidak memahami perasaan kita.