Setelah Kamu Meninggal, Apa Yang Terjadi Dengan Akun Sosmed Kamu?

Ilustrasi (foto: boweryboogie.com)

Kebutuhan dalam bersosial media kini sudah menjamur di berbagai kalangan. Bisa dilihat pengguna ponsel pintar di seluruh dunia bahkan memiliki setidaknya tiga akun media sosial untuk mereka berbagi.

Bukan hanya berbagi setiap momen, mereka bahkan kerap kali berbagi berbagai informasi yang mengedukasi. Lalu pernahkah kalian berpikir apa yang akan terjadi dengan akun media sosial setelah kalian meninggal dunia?

Jika kalian meninggal dunia, lalu apa yang terjadi pada akun media sosial kamu seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Google, apakah masih berjalan atau akan ditutup? Berikut penjelasannya yang dikutip Wow Menariknya dari YuKepo.

1. Instagram

Instagram adalah sebuah akun yang tak memiliki sistem pewarisan apabila si pemilik telah meninggal dunia, namun si pemilik bisa mendaftarkan kontak akun yang ia percayai yang kemudian saat pemilik akun tersebut meninggal dunia, teman mereka dapat melaporkannya.

Setelah dilaporkan bahwa pemilik akun yang bersangkutan telah meninggal dunia, akun tersebut akan ditutup alias dikenang. Fungsi dari pengubahan akun Instagram menjadi ‘dikenang’ akan membuat akun tersebut tidak akan dapat dicari dalam menu pencarian. Orang lain pun tidak akan bisa untuk memasuki atau login ke dalam akun tersebut.

Meski akun tersebut menghilang dari pencarian, akun tersebut masih dapat menerima pesan, menampilkan komentar, informasi atau kegiatan saat pemilik masih hidup.

2. Facebook

Facebook memiliki fitur untuk kamu memudahkan untuk mewariskan akunmu. Si penerima waris akan dapat mengganti foto profil, menkonfirmasi pertemanan namun tidak dapat membaca pesan. Tapi untuk kamu yang ingin tutup akun, Facebook memiliki fitur untuk membuat akunmu menjadi dikenang sama seperti Instagram, Facebook yang telah ditutup tidak akan muncul dalam pencarian namun aktivitasmu masih bisa ditampilkan.

3. Google

Sebelum membuat akun media sosial tentu mereka akan membuat akun google mail. Nah, google memiliki fitur khusus saat mereka mendeteksi sebuah akun yang sudah lama tidak aktif. Fitur yang diberi nama Inactive Account Manager ini akan menghubungi kontak yang dipercaya pemilik akun untuk mengatur bahwa pemilik akun tersebut telah meninggal dunia,

4. Twitter

Twitter tidak memiliki fitur seperti instagram, Facebook atau Google untuk menonaktifkan sebuah akun. Akun twitter seseorang yang telah meninggal akan ditutup apabila ada kerabat atau keluarga yang meminta untuk menutup akun tersebut.

Loading...
Tidak akan spam kok!