in

Mengintip Proses Pembuatan Game Android Yang Rumit

(foto: hollandcollage.com)

Mengingat bertambahnya pengguna smartphone khususnya Android, banyak developer game yang terus menciptakan game-game baru. Mereka tahu kalau sebagian besar pengguna Android menggunakan smartphone nya hanya untuk bermain game.

Seperti yang kita lihat, sudah tak terhitung lagi berapa jumlah game yang ada di Android, mulai dari game 2D hingga 3D, offline hingga online, game-game baru terus saja bermunculan. Namun tahu tidak betapa rumitnya membuat sebuah game Android itu?

Proses pembuatan game Android tak semudah memainkannya tergantung kualitas game tersebut. Butuh rencana dan proses yang matang untuk menghasilkan game bagus. Selain itu ada tim tertentu untuk membuat sebuah game yang setiap divisinya memiliki tugas yang berbeda-beda.

Ingin tahu seperti apa proses pembuatan game Android mulai dari wariter, designer, hingga programing? Intip ulasannya di bawah ini.

1. Proses pertama: Game Writer

(foto: performncematters.com)

Proses pertama dalam pembuatan game Android adalah membuat cerita layaknya komik. Di sinilah tugas seorang game writer untuk menuiskan alur game yang menarik, unik, dan bisa membuat penasaran pemainnya. Seperti level, misi, item-item tersembunyi, dan lainnya.

2. Proses kedua: Game Artist & Game Designer

(foto: georgia.org)

Setelah cerita rampung, yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat desain karakter game yang sedang dibuat. Orang yang kebagian tugas ini biasanya disebut game artist dan game designer. Mereka setidaknya harus sudah ahli dalam Photoshop, 3DMax, dan lainnya.

3. Proses ketiga: Audio Engineer

(foto: gameindustrycareerguide.com)

Yang penting dalam sebuah game adalah efek suara. Meskipun gamenya seru, tapi jika tidak dibekali efek suara yang bagus dan tepat, maka game nya akan terasa hambar ketika dimainkan. Di sinilah tugas seorang audio engineer untuk membuat efek suara yang cocok. Mulai dar scroing, jinggle, dan efek suara lainnya.

4. Proses keempat: Game Programer

(foto: degreequery.com)

Kalau ketiga bahan di atas semuanya sudah siap, baru giliran game programer untuk menyatukan semua kerjaan tersebut dalam sebuah frame hingga menjadi cerita hidup dalam bentuk visual.

5. Proses keenam: Game Tester

(foto: pinterest.com)

Nah setelah game selesai, ada satu hal lagi yang perlu dilakukan. Yaitu mengetes game yang sudah rampung sebelum di publish ke Play Store. Orang yang mengetes game akan memastikan apakah tidak ada bug atau cacat dalam game tersebut. Jika memang tidak ada baru game akan dipublish ke publik.

Ya itulah sedikit tentang proses pembuatan game Android yang kelihatan rumit bagi kita. Tapi di mata para ahlinya, hal seperti ini merupakan sesuatu yang mudah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Ilmuwan Penting Dalam Sejarah Yang Tak Dikenal Dunia

Heboh, Warga Desa Temukan Kerangka Mirip Naga