in

Lakukan Ritual ‘Mengukus Manusia’, Pria Ini Malah Tewas

Ritual mengukus manusia (foto: Daily Mail)

Seorang pria asal Malaysia harus meregang nyawa ketika melakukan aksi ritual ‘pembersihan jiwa’ dengan cara dikukus hidup-hidup dalam sebuah wajah berukuran besar dengan api yang menyala di bawahnya.

Korban bernama Lim Ba yang dikenal dengan julukan Anjing Hitam itu terlihat duduk dalam posisi teratai di atas wajan raksasa di sebuah kuil Cina yang terletak di desa Suala Sanglang, utara Malaysia. Lalu sebuah tutup besar ditempatkan di atas pria berusia 68 tahun itu untuk persiapan ritual mengukus.

Setelah 30 menit dikukus, aksi berbahaya ini berujung kegagalan. Penonton yang melihat aksi ini secara langsung bisa mendengar Lim mengetuk tutup besar itu dari dalam.

Kemudian tutupnya dibuka dan Lim sudah dalam keadaan tidak sadarkan diri. Uap terlihat menyelubungi tubuhnya. Ia dinyatakan meninggal di lokasi karena luka bakar dan serangan jantung.

Menurut laporan surat kabar The Star seperti dilansir Daily Mail (26/10), anak Lim yang paling muda, Kang Huai (32), mengatakan bahwa ayahnya sudah melakukan ritual “Mengukus Manusia” selama lebih dari 10 tahun.

Huai menjelaskan bahwa selama proses ritual mengukus ini, nasi, jagung, roti dan sayuran juga akan ditempatkan di dalam wajan untuk dikukus.

Sementara itu putri Lim, Wei Ling (37), mengatakan bahwa ayahnya hanya memakan ubi jalar dan biskuit kaca hijau sebelum melakukan aksinya.

Catatan terlama yang pernah diraih Lim, ia pernah dikukus selama lebih dari 70 menit dan kondisinya baik-baik saja.

Ritual “Mengukus Manusia” ini ditujukan untuk membersihkan jiwa, akan tetapi ritual ini sebenarnya lebih dekat pada pertunjukan sihir atau sulap.