Kisah Tahanan Yang Jadi Satu-Satunya Korban Selamat Dari ‘Kiamat’

Foto: viral4real.com

Pada 7 Mei 1902, kota Saint-Pierre hancur rata dengan tanah akibat letusan gunung berapi Mont Pelee. Lebih dari 40.000 penduduk kota meninggal dan ribuan rumah terbakar habis dalam ‘kiamat’ mengerikan ini.

Namun ada satu orang yang selamat dari bencana ini sementara yang lainnya meninggal. Dia adalah seorang tahanan bernama Ludger Sylbaris. Kisahnya sebagai satu-satunya orang yang selamat dari letusan Gunung Mont Pelee membuat banyak orang terkejut.

Ludger dikenal sebagai tukang pembuat onar di kota tersebut yang membuat masyarakat resah. Pada malam sebelum bencana terjadi, Ludger ditangkap karena sudah memukuli pria sampai babak belur.

Foto: viral4real.com

Karena sudah terlalu sering membuat onar, dia pun dijebloskan ke dalam penjara isolasi. Namun siapa sangka, penjara yang sempit dan kotor itu akan menyelamatkan hidupnya.

Sel tempat Ludger dikurung terletak beberapa kaki di bawah tanah tanpa memiliki jendela dan hanya memiliki sedikit ventilasi udara dari celah pintu.

Kemudian Gunung Mont Pelee meletus yang melepaskan abu ke langit sampai sinar matahari tertutup sejauh 50 mil. Segala sesuatu yang terletak 10 mil dari gunung tersebut hancur lebur karena tekanan gas dan abu vulkanik yang super panas.

Dalam waktu singkat, gelombang tekanan yang memiliki suhu sekitar 1.000 derajat itu telah meratakan seluruh kota Saint-Pierre dengan tanah.

Foto: viral4real.com

Dilaporkan tidak ada penduduk yang selamat dari bencana ini. Penduduk yang bersembunyi di tempat penampungan juga meninggal karena mati lemas. Satu-satunya yang tidak meninggal adalah Ludger.

Lalu bagaimana caranya selamat dari bencana ini? Ludger sengaja mengencingi bajunya dan kemudian menggunakannya untuk menutupi celah yang ada pada pintu dengan maksud agar tekanan gas panas tidak masuk ke dalam selnya.

Beruntung dia berhasil selamat meskipun harus mendapat luka bakar parah di sekujur tubuhnya. Empat hari kemudian, tim penyelamat terkejut menemukan Ludger yang dalam keadaan kritis karena kurang makanan dan minum.

Setelah insiden ini, Ludger dibebaskan dari penjara dan dia dipekerjakan dengan sirkus Barnum & Bailey.

Loading...
Tidak akan spam kok!