in

5 Ilmuwan Penting Dalam Sejarah Yang Tak Dikenal Dunia

Leo Szilard (foto: nuclearsecrecy.com)

Ilmuwan memiliki jasa yang besar bagi kehidupan umat manusia di dunia. Berkat para ilmuwan kita bisa menikmati berbagai kemudahan. Dari tahun ke tahun ilmuwan terus bermunculan dengan penemuan-penemuan spektakuler yang tentunya berguna bagi kehidupan manusia. Maka tak heran, banyak ilmuwan yang hingga kini masih dikenal di seluruh dunia.

Namun, ada juga beberapa ilmuwan yang namanya masih nampak asing atau bahkan sampai tak terkenal meski karya dan penemuannya terus dipakai oleh banyak orang hingga saat ini. Bahkan beberapa penemuan mereka bisa sampai menyelamatkan jutaan umat manusia.

Siapa sajakah mereka? Berikut 5 ilmuwan penting dalam sejarah yang tak dikenal dan dilupakan oleh dunia.

1. Fritz Haber (1868-1934)

(foto: medium.com)

Haber merupakan seorang penemu gas sianida dan beberapa gas lainnya seperti klorin. penemuannya ini digunakan oleh Jerman dengan Nazinya untuk menggunakan gas tersebut sebagai senjata kimia.

Selain itu, ia juga menemukan sintetis amonia. Amonia adalah komponen penting dalam industri pupuk. Pupuk dengan amonia adalah bahan penting dalam bidang pertanian dunia. Penemuannya menjadi revolusi dalam bidang pupuk. Berkat penemuannya, ia dapar melestarikan pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan bagi seluruh manusia di dunia.

2. Leo Szilard (1898-1964)

(foto: nuclearsecrecy.com)

Leo Szilard adalah salah satu dalang di balik industri nuklir yang dikembangkan Amerika Serikat. Masih ingat tragedi Hirosima dan Nagasaki? Meski tak terlibat langsung, Leo Szilard adalah orang yang mengusulkan Proyek Manhattan. Saat itu, ia memberanikan diri untuk menulis surat kepada Presiden AS, Roosevelt untuk mengembangkan senjata nuklir. Ia beralasan jika Jerman, musuh utama AS sedang mengembangkan senjata yang sama.

3. Joseph Lister (1827-1912 )

(foto: thefamouspeople.com)

Pernah dengar nama Josep Lister? Yups beliau adalah seorang ilmuwan Antiseptik. Joseph Lister adalah seorang dokter bedah. Saat bekerja di Glasgow Royal Infirmary, Lister bingung karena banyaknya korban yang diamputasi meninggal karena luka infeksi yang dideritanya.

Melihat kejadian itu, Lister pun mempelajari beberapa karya Louis Pasteur, dan membaca koran tentang penggunaan asam karbol dalam proses pengolahan limbah. Lister pun memutuskan untuk mencoba memakai asam karbol dalam membedah agar pasien tidak terkena infeksi. Dan hasilnya pun positif.

Tindakan dan penemuan Lister ini adalah sebuah revolusi dalam dunia pengobatan. Asam karbol adalah bahan utama pembentuk antiseptik yang kita kenal hari ini. Lister pun dinobatkan sebagai bapak antiseptik berkat penemuannya. Hingga kini, Antiseptik memang terbukti telah menyelamatkan jutaan nyawa manusia di seluruh dunia.

4. John Bardeen (1908-1991)

(foto: emaze.com)

John Bardeen adalah seorang fisikawan sekaligus ahli listrik yang berasal dari Amerika Serikat. Bardeen pernah memenangkan nobel hingga dua kali. Pada tahun 1956 ia dan temannya mengembangkan sebuah transistor listrik. Lalu pada tahun 1972 dia mengembangkan teori superkonduktivitas.

Berkat penemuannya itu, teorinya dapat dipakai dalam penggunaan CAT dan MRI scan yang sangat vital di dunia kedokteran saat ini. Meski digunakan sebagai proses memeriksa kanker dan pengobatannya.

5. Karl Landsteiner (1868-1943)

(foto: theverge.com)

Ilmuwan yang satu ini merupakan seorang dokter di Austria. Karl adalah orang pertama yang dalam mengidentifikasi golongan darah.

Karl menunjukkan bahayanya jika sebuah darah ditransfusi dengan darah yang tidak cocok. Golongan darah juga bisa dijadikan dasar untuk membuktikan keturunan. Nah teori itu ditemukan oleh Karl Landsteiner ini. Coba bayangkan kalau ilmu tersebut tidak ditemukan hingga kini? pasti proses transfusi darah akan menjadi fatal dalam dunia kedokteran saat ini dan bisa berantakan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngeri, Ular Piton Ini Telan Rusa Dalam Hitungan Detik

Mengintip Proses Pembuatan Game Android Yang Rumit