Lagu-Lagu Yang Dipercaya Dapat Megundang Hantu

Ilustrasi kuntilanak (foto: devianart.com)

Sejatinya lagu memiliki fungsi untuk menghibur dan menenangkan pikiran seseorang. Mulai dari lagu sedih, lagu gembira, atau lagu yang bisa meningkatkan semangat, semua tipe lagu intinya memang untuk menghibur.

Akan tetapi tidak semua lagu difungsikan untuk menghibur, beberapa lagu ada yang dipercaya ditujukan untuk mengundang makhluk astral. Beberapa orang percaya bahwa alunan nada mengandung energi tertentu yang dapat menarik perhatian sosok makhluk halus atau hantu.

Percaya atau tidak, berikut ini ada beberapa lagu yang dipercaya dapat mengundang hantu. Pasalnya lagu ini memiliki alunan nada yang menyeramkan dan juga memiliki kisah menyeramkan di baliknya.

1. Asereje

(foto: dicogs.com)

Lagu asereje adalah lagu yang populer pada tahun 90-an. Akan tetapi banyak masyarakat yang percaya kalau lagu yang dinyanyikan oleh grup Last Ketchup itu digunakan untuk memuja setan. Setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol, beberapa lirik lagu tersebut mengandung unsur nama-nama iblis.

Menurut suku Assab di Afrika, asereje merupakan sebuah ritual yang digunakan untuk memanggil arwah seseorang yang telah meninggal. Dari situ muncul anggapan bahwa lagu asereje memang ditujukan untuk memanggil arwah orang yang sudah meninggal.

2. Lingsir Wengi

(foto: historia.id)

Masyarakat Jawa sudah mengakui kalau lagu Lingsir Wengi dapat memanggil sosok hantu kuntilanak. Lirik lagu Lingsir Wengi dipercaya mengandung makna yang dapat mengundang makhluk halus. Lagu ini semakin populer sebagai lagu pemanggil hantu setelah muncul dalam film Kuntilanak (2006).

Lagu ini merupakan saah satu lagu gending Jawa yang menggunakan pakem macapat untuk lagunya. Pakem macapat sendiri terdiri dari 11 pakem, di mana salah satunya adalah pakem durma yang dipakai dalam lagu Lingsir Wengi.

Perlu diketahui kalau lagu Lingsir Wengi sebenarnya diciptakan oleh Sunan Kalijaga, salah satu wali yang menyebarkan Islam di tanah Jawa sekitar tahun 1500-an. Sunan Kalijaga menciptakan lagu Lingsir Wengi dengan maksud untuk menolak makhluk halus yang suka mengganggu. Akan tetapi sekarang maknanya sudah dibelokan.

Lingsir Wengi dianggap lagu horor yang memiliki nuansa negatif sehingga masyarakat percaya kalau lagu ini adalah alat untuk memanggil hantu. Padahal sebenarnya bukan untuk memanggil hantu, melainkan menolak makhluk halus.

3. Nina Bobo

(foto: misteri.co.id)

Tidak ada yang menyangka kalau lagu populer yang biasa digunakan orang tua untuk menidurkan anaknya ini ternyata memiliki kisah menyeramkan di baliknya. Diceritakan dalam sebuah dongeng yang beredar, lagu tersebut menceritakan seorang balita perempuan bernama Nina, anak keturunan Indonesia-Belanda yang memiliki nama lengkap Helenina Mustika van Rodjnik. Sayangnya Nina meninggal di usianya yang masih, ia meninggal di usia 4 tahun.

Sewaktu masih hidup, Nina suka dinyanyikan lagu Nina Bobo oleh orang tuanya sebelum tidur. Setelah ia meninggal, hal itu membawa depresi berat kepada sang ibu. Kemudian ibunya terus menyanyikan lagu Nina Bobo setiap malam meski putrinya sudah tiada. Konon arwah Nina kadang muncul setiap kalai lagu ini dinyanyikan.

Nah itulah lagu-lagu yang dipercaya dapat memanggil sosok hantu. Entah itu benar atau tidanya, yang jelas lagu tetap ditujukan untuk sarana hiburan.

Loading...
Loading...