5 Teknologi Canggih Yang Paling Sering Disalahgunakan

VR (foto: fortune.com)

Sadar atau tidak kini manusia diberikan segala kemudahan untuk mengembangkan kompetensi pribadi atau sekedar kemudahan yang bisa membantu pekerjaan sehari-hari. Kemudahan-kemudahan berupa mudahnya jangkauan transportasi, komunikasi hingga teknologi bisa dinikmati semua kalangan.

Nah, semakin berkembangnya teknologi rasanya sulit dipungkiri pasti ada oknum tertentu yang memanfaatkan hal tersebut untuk menrugikan orang lain dan memperoleh kesenangan sendiri.

Seperti beberapa teknologi canggih ini yang paling sering disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Di tangan orang jahat, teknologi canggih yang seharusnya membawa kebaikan ini malah bisa membawa petaka bagi orang lain.

5. Membobol ATM menggunakan internet

(foto: komando.com)

Internet, teknologi canggih yang mampu menghubungkan satu orang dengan orang lain ini ternyata sangat bermanfaat dan bahkan terus berkembang. Sayanganya ada saja pihak yang menyalahgunakan internet, yaitu hacker. Hacker mampu menyalahgunakan internet untuk membobol ATM tanpa jejak malware atau bekas lainnya.

4. Drone untuk mengintip

(foto: rt.com)

Alat canggih yang mampu merekam dari tempat tinggi ini biasanya dimanfaatkan untuk mengamati situasi di bawahnya. Drone dipasang kamera kemudian diterbangkan untuk mengamati situasi tertentu, namun ada saja pihak jahil yang menggunakan drone untuk mengintip atau melakukan hal negatif lainnya.

3. Pemerasan lewat internet

(foto: aljazeera.com)

Sekelompok hacker jahat mampu memanfaatkan jaringan untuk memeras seseorang atau instansi tertentu melalui jaringan. Mereka biasanya akan menyebarkan virus dengan menggunakan jaringan dan kemudian hacker akan meminta tebusan. Salah satu kasus terbesar tentang virus jaringan di tahun 2017 ini adalah kasus ransomware Wannacry.

2. VR untuk menonton konten dewasa

(foto: jalantikus.com)

VR merupakan salah satu teknologi yang cukup digemari karena mampu membuat penggunanya berinteraksi dengan dunia maya secara nyata. Namun sayang kini semakin banyak yang menyalahgunakan VR, salah satunya adalah digunakan untuk menonton konten dewasa. Salah satu situs pertama penyedia konten dewasa berbasis VR adalah Badoink yang ada sejak Januari 2015 lalu.

1. Tutorial membuat bom di YouTube

(foto: stephaniemelish.com)

YouTube biasanya digunakan untuk berbagi video yang diharapkan bermanfaat bagi banyak orang. Namun tidak dengan tutorial merakit bom. Meski hal ini dikatakan kreatif namun jelas membahayakan banyak orang. Sebut saja salah satu kasus di Indonesia lalu seorang perampok asal Samarinda merampok bank yang disertai teror bom. Parahnya sang pelaku mengaku bahwa ia belajar membuat bom dari YouTube.

Loading...
Tidak akan spam kok!