Kisah Kelam Di Balik Populernya Pulau Terindah Di Thailand

Pulau Tarutao (foto: statravel.co.uk)

Salah satu pulau terindah di Thailand yang berlokasi di dekat perbatasan Malaysia di Pulau Langkawi yang diberi nama Pulau Tarutao dinobatkan sebagai Taman Warisan dan Cagar Budaya ASEAN pada tahun 1982. Sebelunya, pada tahun 1974 pemerintah menjadikan pulau ini sebagai Taman Laut Nasional.

Pulau Tarutao yang terkenal karena keindahannya ini ternyata memiliki kisah kelam. Pasalnya pada tahun 1939 pulau ini merupakan tempat pembuangan narapidana dan tahanan politik. Pulau Tarutao dijadikan penjara karena pulaunya yang terletak di tengah laut sehingga kecil kemungkinan tahanan dapat kabur.

Pulau Tarutao dijadikan tempat tahanan karena saat itu penjara di Thailand sudah sangat penuh. Awalnya pulau ini diisi sekitar 500 tahanan namun semakin lama semakin bertambah hingga mencapai ratusan ribu. Mereka tinggal di pondok-pondok kayu yang tersebar di hutan.

(foot: mundo-nomanda.com)

Saat Perang Dunia II pecah, Thailand diserbu oleh Jepang yang mengakibatkan stok makanan serta obat-obatan terhenti di Pulau Tarutao. Untuk tetap bertahan hidup, para sipir dan tahanan bersatu membajak kapal yang singgah atau terdampar di pulau tersebut.

Akibat sulitnya mendapatkan makanan dan obat-obatan, sepertiga dari penghuni pulau tersebut akhirnya mati karena terjangkit malaria dan juga terlibat dalam perang.

Meski memiliki cerita kelam, Anda yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini tak akan kecewa karena keindahannya. Akses menuju pulau ini juga terbilang gampang, Anda bisa memanfaatkan speedboat atau sampan.

Jika khawatir akan kesulitan saat berkeliling, Anda bisa menggunakan jasa tur yang akan menemani Anda berkeliling pulau dengan harga murah. Bahkan jasa tur ini juga menyediakan tenda dan sleeping bag bagi Anda yang ingin melakukan camping di pulau tersebut.

Loading...
Tidak akan spam kok!