in

Kenapa Bungkus Keripik Kentang Sangat Berisik?

Bungkus kripik (foto: epicurious.com)

Untuk kamu yang sering membeli keripik kentang pasti tidak asing dengan suara berisik yang ditimbulkan dari kemasannya. Ternyata terdapat alasan yang mencengangkan dibalik suara berisiknya.

Studi yang dilakukan oleh professor dari Universitas Oxford, Charles Spence, menjelaskan tentang alasan suara bungkus kemasan keripik kentang yang berisik. Studi ini dilakukan dengan cara mengetes para peserta survey yang menyantap keripik kentang sambil menggunakan earphones.

Hasil dari studi ini mengatakan bahwa para peserta yang mengonsumsi keripik kentang dengan mendengarkan suara berisik dari kemasan yang susah dibuka akan mempunyai dugaan atau sugesti bahwa keripik kentang yang dimakan lebih enak dan renyah.

Pada dasarnya kita sebagai konsumen akan menganggap keripik kentang akan jauh lebih enak dan renyah untuk dimakan apabila sudah ada suara berisik yang ditimbulkan saat membuka kemasan dibandingkan dengan keripik kentang yang punya kemasan mudah dibuka.

“Suara kemasan berisik seperti keripik dapat mempengaruhi kenikmatan kita. Dan itu akan kita alami setelah kita makan keripik yang selanjutnya. Kapan pun kita mendengar bunyi renyah, rasa ingin makan akan terus muncul secara otomatis,” jelas Charles.

Menurutnya efek ini adalah suatau yang dimanfaatkan pembuat keripik untuk keungungan mereka.