in

Awas, 4 Hobi Ini Bisa Bikin Otak Tumpul

Nonton televisi (foto: dailymail.co.uk)

Hobi adalah aktivitas yang selalu Anda lakukan karena Anda merasa senang dan nyaman pada saat melakukannya. Walaupun menyenangkan, Anda tidak boleh terlalu nyaman dengan hobi Anda. Apalagi jika ternyata hobi yang Anda miliki dapat membuat otak Anda menjadi tumpul.

Tak semua hobi itu bagus untuk otak dan pikiran, beberapa hobi justru memiliki dampak buru bagi otak. Daya ingat dan daya berpikir Anda akan melemah jika terlalu sering melakukan hobi yang dimaksud.

Berikut ini empat hobi yang dianggap dapat menumpulkan otak Anda sehingga kemampuan berpikir otak Anda akan sangat minim.

1. Nonton televisi

Televisi adalah salah satu alat elektronik yang dapat memberikan segala informasi yang telah terjadi kepada Anda. Selain memberikan informasi, televisi juga dapat membuat Anda terhibur dengan apa yang di tayangkannya. Itulah mengapa banyak orang yang kecanduan nonton televisi.

Dan ternyata memiliki kecanduan atau hobi menonton televisi itu tidak baik. Beberapa penelitian kesehatan telah memperingatkan bahwa menonton televisi terlalu lama akan membuat otak Anda menjadi tumpul. Karena pada saat Anda menonton, Anda akan duduk diam tanpa melakukan aktivitas yang berguna sehingga membuat Anda menjadi malas.

2. Main handphone

Handphone termasuk salah satu alat elektronik yang tidak bisa dipisahkan dengan kemajuan teknologi saat ini. Sebab handphone menjadi alat komunikasi yang dapat memudahkan segala pekerjaan bagi manusia.

Karena sangat membantu, banyak orang yang pada akhirnya kecanduan akan handphone atau smartphone. Bahkan jika Anda tidak memegang smartphone dalam waktu yang singkat, Anda akan merasa kebingungan. Dan jika Anda merasakan seperti itu, maka itu menjadi pertanda awal dari tumpulnya otak Anda.

3. Ngemil

Ngemil termasuk kegiatan mengunyah makanan ringan yang hampir disukai semua kalangan karena dengan ngemil, Anda akan merasa senang dan kenyang. Apalagi jika Anda mengemil makanan yang Anda sukai dan membuat Anda tidak bisa berhenti untuk mengemilnya.

Meskipun Anda menyukainya, ternyata ngemil merupakan kebiasaan yang bisa berbahaya. Selain berat badan bisa bertambah, ngemil makanan ringan banyak didominasi oleh makanan yang tinggi lemak dan zat gula yang bisa membuat kadar lemak di dalam otak Anda juga naik yang mengakibatkan otak Anda menjadi tumpul.

4. Begadang

Begadang merupakan kegiatan di mana Anda terjaga sepanjang malam. Begadang biasanya dilakukan karena tuntutan pekerjaan atau karena Anda maraton menonton drama yang Anda sukai.

Namun ternyata begadang dapat secara perlahan membuat kemampuan otak Anda menjadi tumpul. Hal ini disebabkan karena begadang tidak memberikan otak dan juga fisik Anda untuk beristirahat, sehingga sel otak menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik.