in

Video Langka Kehidupan Di Hiroshima Sebelum Dibom Atom

Hiroshima sebelum dibom atom (foto: Museum Perdamaian Hiroshima)

Pekan lalu, Museum Perdamaian Hiroshima merilis video berisi rekaman kehidupan di kota Hiroshima, Jepang pada tahun 1935, sekitar sepuluh tahun sebelum AS menjatuhkan bom atom di kota tersebut pada 6 Agustus 1945.

Rekaman tersebut diambil oleh penduduk Hiroshima bernama Genjiro Kawasaki dan merupakan satu-satunya rekaman yang menunjukkan kehidupan di Hiroshima sebelum Perang Dunia II yang dimiliki Museum Perdamaian Hiroshima.

Salah seorang pejabat museum mengatakan kepada Japan Times bahwa cuplikan video berdurasi 3 menit 9 detik ini merupakan data yang sangat berharga karena menampilkan sekilas aktivitas warga di Hiroshima sebelum dibom atom.

Walau video ini masih hitam putih, tapi cuplikan yang ada dalam video tersebut melukiskan kehidupan yang masih sangat sederhana di kota Hiroshima.

Suasana di Hiroshima ketika itu terasa begitu damai. Warga terlihat sibuk beraktivitas, sementara beberapa orang terlihat mengenakan pakaian tradisional Jepang, dan sebagian lagi tampak mengenakan pakaian dengan gaya Barat.

Film ini mengingatkan dunia dengan apa yang akan terjadi 10 tahun kemudian, tepatnya pada 6 Agustus 1945 ketika Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima yang menewaskan sekitar 150.000 orang.

Sumber: Nextshark