Film-Film Kartun Populer Yang Simpan Cerita Kontroversial

SpongeBob Squarepants (foto: digitalspy.com)

Film kartun merupakan acara favorit anak-anak. Bahkan tak sedikit pula orang dewasa yang suka nonton film kartun di layar televisi karena tingkah lucu dan kocak tokoh-tokoh dalam film kartun tersebut.

Tapi tak semua film kartun itu memiliki cerita yang pantas dilihat, khususnya oleh anak-anak. Ada beberapa film kartun yang dianggap memiliki cerita kontroversial dan dianggap memberikan ajaran negatif kepada anak-anak.

Beberapa film kartun populer berikut ini adalah contohnya. Film-film kartun yang biasa dilihat di layar televisi ini dianggap oleh masyarakat menyelipkan cerita yang kontroversial di balik jalan ceritanya yang lucu. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. SpongeBob SquarePants

(foto: nick.com)

Di balik tingkah lucu Spongebob dan kawan-kawannya, ternyata film kartun Nicklodeon ini dianggap oleh masyarakat terlalu banyak memberikan ajaran negatif pada anak-anak. Bukan hanya soal kekerasan atau kata-kata kasar, SpongeBob dianggap menampilkan kehidupan homoseksual.

Stephen Hillenburg, kreator SpongeBob, membantah kalau kartun ciptaannya itu memberikan ajaran homoseksual terhadap anak-anak. Kendati demikian, masyarakat tetap banyak yang beranggapan kalau si kuning berbentuk kotak ini kerap menunjukkan adegan yang menggambarkan kehidupan LGBT.

Hal itu dikarenakan tokoh-tokoh dalam film kartun ini tidak memiliki jenis kelamin yang jelas dan kerap menampilkan simbol LGBT seperti pelangi. Hubungan pertemanan Spongebob dan Patrcik pun dijadikan bukti untuk memperkuat dugaan ini.

Bagaimana menurut Anda?

2. Hello Kitty

(foto: youtube.com)

Kita semua tahu kalau Hello Kitty menggambarkan sosok kucing, hanya saja bisa berjalan dengan dua kaki. Tapi menurut Sanrio, perusahaan yang menciptakan karakter Hello Kitty mengatakan kalau tokoh kartun ini sebenarnya bukan kucing, melainkan seorang gadis asal London.

Oleh sebab itu Hello Kitty bisa berjalan dengan dua kaki dan juga duduk seperti manusia. Akan tetapi banyak penggemar Hello Kitty yang menolak pendapat tersebut. Menurut mereka tidak ada yang salah dengan seekor kucing berjalan dengan dua kaki selama hanya tokoh kartun saja. Banyak yang berseikeras menganggap Hello Kitty itu tetap kucing bukan manusia.

3. Crayon Shinchan

(foto: itechpost.com)

Walau Shinchan banyak digemari anak-anak karena tingkah lucunya, tapi film kartun ini dianggap memiliki sifat yang tidak sopan dan sedikit cabul. Terbukti dari beberapa tingkah Shinchan yang kadang tidak pantas dilihat oleh anak-anak, seperti melorotkan celananya atau mengintip wanita-wanita cantik.

Oleh karena itu beberapa negara seperti Korea Selatan, Vietnam, India, dan bahkan Indonesia menghentikan tayangan Crayon Shinchan di layar televisi.

Loading...
Tidak akan spam kok!