in

Awas, Ini Bahaya Keluar Keringat Berlebihan Bagi Kesehatan

(foto: mediskus.com)

Keringat merupakan hal yang baik, karena keringat menunjukan metabolisme tubuh yang baik. Namun, ternyata berkeringat seara berlebihan merupakan suatu pertanda kondisi yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Keringat berlebih dapat menandakan bahwa kita terkena penyakit tertentu yang bahkan sangat berbahaya. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda waspadai jika sering keluar keringat berlebihan. Pasalnya hal itu bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda.

1. Demam tinggi

Ketika demam, suhu badan manusia cenderung meninggi, namun tubuh akan mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhunya. Oleh karena itu banyak orang bilang jika anda berkeringat ketika sedang sakit, itu tandanya mulai menunjukan gejala sembuuh.

2. Gejala sakit jantung

Salah satu tanda sesorang mengalami penyakit jantung adalah keringat keluar pada bagian tubuh tertentu secara berlebihan. Misalnya telapak tangan, terkadang jika terdapat telapak tangan yang berkeringat secara berlebihan tetapi tidak sedang gugup atau melakukan kegiatan berat banyak yang mengira bahwa itu pertanda penyakit jantung, apabila anda mengalami hal ini segeralah berkonsultasi kepada ahlinya.

3. Pengaruh kondisi psikologis

Apabila seseorang sedang stress, beberapa kelenjar keringat akan mulai mengeluarkan keringat cukup banyak. Salah satu kelenjar yang melakukan hal tersebut adalah di area ketiak. Jika stres berlanjut, akibatnya bisa menimbulkan darah tinggi hingga gagal jantung.

4. Kelebihan tiroid

Kondisi jika tubuh Anda memiliki terlalu banyak hormon tiroid, yaitu hormon yang berfungsi sebagai pengontrol metabolisme tubuh manusia. Hormon ini akan membuat kelenjar keringat mengalami peningkatan produksi keringat yang jumlahnya berlebihan. Akibatnya, seseorang yang tidak melakukan aktivitas yang berat akan mengalami keringat berlebih.