5 Manfaat Arang Aktif Bagi Kesehatan

Arang (foto: afrobella.com)

Arang merupakan salah satu bahan bakar yang sering digunakan untuk memasak. Untuk kamu yang sering memasak menggunakan arang pasti sudah tahu kalau arang banyak jenis dan variannya, tergantung dari bahan untuk membuatnya.

Arang sendiri sudah digunakan sejak lama dan tak banyak yang mengetahui tentang manfaat dari arang ini selain untuk bahan bakar. Ini adalah beberapa kegunaan arang aktif bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui

1. Memutihkan Gigi

Jika anda seorang perokok dan sering meminum minuman teh atau kopi, otomatis gigi Anda lama kelamaan akan menguning. Zat yang terdapat pada arang aktif akan mampu mengembalikan warna alami gigi anda, selain itu fungsi lainnya adalah arang aktif dapat menyeimbangkan tingkat keasaman di dalam mulut, mencegah gigi berlubang, menghilangkan bau mulut dan meredakan penyakit gusi.

Caranya menggunakan arang aktif untuk memutihkan gigi sangatlah mudah, Anda hanya perlu membasahi sikat gigi anda dan oleskan arang aktifnya, lalu sikat gigi anda seperti biasa terutama kebagian yang menguning. Pastikan setelahnya Anda kumur-kumur sampai bersih dan meminum air yang cukup.

2. Penawar Racun

Tak heran jika arang aktif biasanya selalu disediakan di Instalasi Gawat Darurat, kegunaannya yaitu untuk menawar racun. Arang aktif akan mengikat racun atau zat kimia seperti merkuri dan pestisida dalam tubuh.

Namun, sebaiknya penawar ini segera dikonsumsi setelah racun atau zat kimia memasuki tubuh, tepatnya sebelum masuk ke usus halus dan diserap oleh tubuh. Arang aktif tidak akan tertinggal dalam tubuh sehingga setelah berhasil mengikat racun dan zat kimia arang yang telah diaktifkan akan ikut terbuang dari tubuh bersama dengan urin atau feses.

Perlu diingat bahwa tidak semua racun atau zat kimia bisa diikat oleh arang aktif. Keracunan alkohol, sianida, dan litium adalah beberapa contoh yang tak bisa diatasi dengan mengonsumsi arang aktif.

3. Mengusir Bau Badan

Untuk mengusir bau badan tak sedap, cobalah untuk rutin mengonsumsi pil arang aktif dan minum air sebanyak-banyaknya. Dengan memaksimalkan pembuangan racun, tubuh pun akan bersih dari berbagai bakteri dan sisa-sisa zat yang bisa menyebabkan bau badan.

4. Mengobati Jerawat

Arang aktif ternyata mampu mengatasi jerawat, caranya cukup mencampurkan arang aktif dengan dua sendok teh gel lidah buaya dan oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih. Fungsi dari zat arang aktif itu sendir mampu mengangkat kotoran serta bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Untuk menjaga fungsi normal ginjal dan hati dari proses penuaan dini, bersihkan segala racun dan zat kimia yang berbahaya dengan mengosumsi arang aktif. Jadi setelah anda mengonsumsi junk food, sayur dan buah-buahan yang tidak organik, atau menghirup asap roko, segeralah minum pil arang aktif.

Setelah kita mengonsumsi pil arang aktif, terdapat efek samping yang akan ditimbulkan yang perlu diperhatikan, walaupun zat arang aktif memiliki khasiat yang mujarab, ketika Anda mengonsumsi pil arang aktif bersamaan dengan makanan dan minuman yang kaya akan gizi, kemungkinan besar tubuh Anda menjadi kesulitan menyerap kandungan gizi tersebut karena sudah diikat oleh zat arang.

Selain itu, efek samping yang akan dirasakan adalah dehidrasi, maka setiap kali Anda mengonsumsi zat arang aktif harus minum air putih sebanyak-banyaknya, bahkan beberapa jam setelah mengonsumsinya. Beberapa orang telah melaporkan efek sampingnya, kebanyakan menderita diare, muntah-muntah, dan saluran pencernaan menjadi terhambat.

Sumber: helloSEHAT

Loading...
Loading...