10 Makanan dan Minuman yang Masih Bisa Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa

(foto: thesleuthjournal.com)

Kebanyakan dari kita mungkin tidak akan mau menyentuh apalagi mengkonsumsi makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa. Pencantuman tanggal kadaluarsa diawali karena untuk mempertimbangkan kesegaran makanan bukan keamanannya.

Meskipun hanya berhubungan dengan kesegaran makanan, namun sebenarnya kita sendiri tidak dapat memastikan kemasan tersebut sudah bisa menghindarkan makanan dari kebusukan setelah melewati tanggal kadaluarsa atau tidak.

Tapi nyatanya adalah  beberapa jenis makanan dan minuman yang masih bisa dikonsumsi setelah  kadaluarsa. Berikut ulasannya seperti dilansir Wow Menariknya dari Says.com.

1. Mentega

(foto: merdeka.com)

Selama belum membuka bungkus atau kemasannya, mentega masih aman untuk dikonsumsi walaupun telah melewati tanggal kadaluarsa. Hal ini dikarenakan mentega adalah produk olahan dari susu sehingga tidak mudah basi. Tetapi jika bau dari mentega sudah tidak sedap dianjurkan untuk tidak menggunakannya.

2. Minuman Soda

(foto: infiline.com)

Pastikan sebelum dikonsumsi, kaleng pada minuman soda ini tidak terbuka atau rusak, minuman ini masih dapat dikonsumsi setelah satu bulan dari tanggal kadaluarsanya.

3. Keripik

(foto: youtube.com)

Keripik atau makanan ringan masih aman dikonsumsi setelah 3 minggu hingga 1 bulan setelah tanggal kadaluarsa. Keripik atau makanan ringan biasanya dikemas dalam keadaan kering sehingga hal tersebut mencegah cepatnya pertumbuhan bakteri.

4. Coklat

(foto: food.ndtv.com)

Ketika coklat tersimpan dilemari pendingin maka coklat akan dapat bertahan lebih lama dari tanggal kadaluarsanya yang tertera pada kemasan, hal ini berlaku tidak hanya pada coklat tetapi pada makanan yang kaya akan gula lainnya.

5. Yoghurt

(foto: pinterest.com)

Yoghurt tetap bisa bertahan lebih lama dari tanggal kadaluarsanya selama ia disimpan di lemari pendingin dan kemasannya tertutup rapat.

6. Telur

(foto: sheknows.com)

Telur yang sudah melewati tanggal kadaluarsanya harus diolah dengan benar, dalam artian tidak bisa dimasak setengah matang. Akan tetapi lebih baik lagi jika telur yang sudah kadaluarsa digunakan menjadi campuran bahan dalam proses pembuatan jenis makanan lain yang nantinya membutuhkan pemanasan yang tinggi sehingga bakteri yang terdapat didalam telur tersebut dapat dipastikan terbunuh dan aman untuk dikonsumsi.

7. Biskuit

(foto: express.co.uk)

Makanan ringan ini dapat dikonsumsi hingga 2 bulan setelah tanggal kadaluarsanya, ini dikarenakan biskuit telah mengalami masa pengeringan yang tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi.

8. Keju

(foto: nypost.com)

Jika permukaan keju sudah mulai berjamur, bagian tersebut hanya perlu dipotong dan disingkirkan, sisanya masih layak untuk dikonsumsi atau diolah lebih lanjut. Tapi lain halnya jika keju sudah berubah warna menjadi hitam kebiruan di permukaannya, hal itu menunjukan bahwa keju tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

9. Mayonaise

(foto: paleoleap.com)

Mayonaise memiliki waktu kelayakan 2 hingga 3 bulan setelah tanggal kadaluarsa. Tapi jika warnanya telah berubah dan sudah tecium bau tidak sedap, mayonaise sudah tidak layak dikonsumsi lagi.

10. Daging Ayam Beku

(foto: alibaba.com)

Daging ayam yang beku umumnya masih dapat diolah meski sudah melewati tanggal kadaluarsanya maksimal 1 bulan setelahnya, namun kembali lagi pada kualitas daging itu sendiri, jika sudah tercium bau tidak sedap sebaiknya tidak untuk diolah.

Loading...
Loading...