Tidak Berharga, Uang Di Negara Ini Diperjualbelikan Di Pasar

Pasar uang di Somalia (foto: northcountrypublicradio.org)

Semua orang pasti sudah hakulyakin kalau uang adalah sesuatu yang paling berharga dan paling dipentingkan. Tapi berbeda dengan di Somalia, uang dianggap sudah tidak berharga sampai diperjualbelikan di pasar layaknya sayuran.

Negara yang terletak di Afrika Timur itu merupakan negara termiskin di dunia. Meskipun demikian, uang di Somalia sudah dianggap tidak berharga dan bahkan ada pasar khusus memperjualbelikan uang seperti pasar ikan.

(foto: tyepad.com)

Alasannya karena tingkat inflasi di Somalia sudang sangat tinggi sehingga membuat mata uang mereka, Shiling, jadi tidak berharga. Di Somalia ada pasar Hargesia yang menjadi tempat jual beli uang Shiling. Di pasar ini, pengunjung sudah biasa menemukan orang menjual segepok uang.

Satu-satunya mata uang yang berharga di Somalia adalah dolar Amerika. Untuk mendapatkan US$1, Anda harus menukarkannya dengan 7.000 Shiling.

(foto: travelkamel.com)

Inflasi yang tinggi di Somalia disebabkan oleh tidak adanya kebijakan dari bank sentral tentang moneter. Sehingga masyarakat di sana bisa dengan leluasa mencetak uang mereka sendiri.

Karena hal itulah, jumlah peredaran uang di Somalia tidak bisa dikendalikan lagi hingga akhirnya menyebabkan mata uang Shiling jadi tidak berharga.

Loading...
Loading...