Jarang Disadari, Ini 5 Tanda Hati Dalam Keadaan Kotor

Sebagai umat muslim, tentu kita tahu kalau Allah SWT itu tidak menyukai hambanya yang selalu mengotori hatinya. Kotornya hati tentu berbeda dengan kotornya tubuh yang bisa dilihat dengan kasat mata, tapi kotornya hati tidak bisa dilihat dengan mata namun bisa nampak dalam prilaku.

Akan tetapi banyak orang yang tidak sadar kalau hatinya dalam keadaan kotor dan menganggap bahwa hatinya bersih-bersih saja. Padahal jika dilihat lebih jauh lagi, orang tersebut memiiki banyak penyakit hati yang tak terasa. Kata Allah juga, amal ibadah seseorang akan ditolak jika masih ada penyakit hati di dalamnya.

Penyakit hati tersebut disebabkan karena hati sedang dalam keadaan kotor. Berikut ini tanda-tanda hati dalam keadaan kotor. Semoga dengan menyimak artikel ini, kita bisa memperbaiki diri jadi lebih baik lagi di depan Allah.

1. Sering menguap saat sholat atau mendengarkan ceramah

Tidak kekurangan tidur, tapi kenapa setiap kali sholat atau mendengarkan ceramah kita kadang sering sekali menguap. Bisa jadi hati kita dalam keadaan kotor dan sakit. Pasalnya menguap bukan hanya menunjukkan gejala ngantuk, tapi perasaan tidak senang akan apa yang sedang Anda lakukan. Itu berarti solat Anda masih belum ikhlas. Untuk memperbaikinya, kita harus melihat gerak-gerik prilaku kita, apakah sudah sesuai dengan anjuran Allah, atau masih menyimpang.

2. Bangun selalu kesiangan

Orang yang tingkat ketaqwaannya tinggi dan senan tiasa melakukan solat tahajud, pasti tubuh akan refleks bangun pagi sekali sekitar pukul 2 pagi (tanpa alarm). Tapi sebaliknya, orang yang lemah ketaqwaannya, mau menggunakan alarm, tetap saja bangun selalu kesiangan. Hingga akhirnya solat subuh dilewat.

3. Selalu merasa tidak cukup

Orang yang hatinya dalam keadaan kotor pasti selalu merasa tidak cukup akan apa yang sudah di dapatkannya. Sebagai contohnya, penghasilan sudah miliaran tapi tetap saja merasa kurang dan kurang, dan malah semakin haus akan uang. Tahu tidak kenapa bisa begitu, karena orang tersebut tidak pernah bersyukur, sementara bersyukur adalah obat untuk menyingkirkan penyakit merasa tidak cukup. Kalau hatinya dalam keadaan sakit, bersyukur itu sulit sekali.

4. Selalu menyimpan kejelekan orang lain

Penyakit hati yang satu ini bisa diibaratkan sebagai kanker. Suka menyimpan kejelekan orang lain di dalam hati kita sendiri adalah tanda hati sedang dalam keadaan sangat kotor. Coba renungkan sejenak, orang lain yang melakukan kejelekan, tapi hati kita ikut-ikutan susah karena memikirkan kejelekan orang tersebut, apakah perlu? Karena banyak menyimpan kejelekan orang lain, akhirnya kita sulit tidur, saat solat bukannya fokus pada Allah malah memikirkan kejelekan orang lain. Tapi seharusnya kita memperbanyak menyimpan kebaikan orang lain di dalam hati kita.

5. Hati merasa susah ketika melihat orang lain mendapatkan kebahagian

Tanda hati dalam keadaan kotor yang lainnya adalah hati suka merasa susah atau kesal ketika melihat orang mendapatkan kebahagian. Yang pada akhirnya bisa berujung mendoakan keburukan kepada orang lain. Tahu tidak kalau mendoakan keburukan orang lain, itu berarti kita tiga kali mendoakan keburukan pada diri sendiri?

Nah, itulah lima tanda dari sekian banyak tanda hati yang sedang dalam keadaan kotor. Semoga di bulan puasa ini, kita bisa jadi hamba yang lebih baik yang bisa menyingkirkan segala penyakit dan kotoran dalam hati kita.

Loading...
Tidak akan spam kok!