Dihantam Bencana Dahsyat, 4 Bangunan Ini Tetap Berdiri Kokoh

Masjid Rahmatullah yang tetap berdiri kokoh setelah dihantam tsunami (foto: pinterest.com)

Yang namanya bencana, baik itu bencana alam atau bencana yang disebabkan manusia, pasti bersifat merusak. Tergantung kekuatan bencana tersebut, jika semakin besar maka kerusakan yang akan ditimbulkan juga semakin parah.

Bangunan yang dirancang sekuat dan sekokoh mungkin tak menutup kemungkinan akan hancur jika sudah dihantam bencana seperti gempa atau tsunami. Kita mungkin sering menyaksikan bagaimana bangunan-bangunan rata dengan tanah setelah diterjang bencana yang dahsyat yang tinggal menyisakan puing-puing bangunan.

Namun di tengah-tengah bencana, selalu ada keajaiban yang ditunjukkan Tuhan. Seperti yang terjadi pada bangunan-bangunan ini yang anehnya tetap berdiri kokoh meski dihantam bencana yang sangat dahsyat. Padahal bangunan di sekitarnya hancur lebur hampir rata dengan tanah.

Berikut dihimpun Wow Menariknya bangunan-bangunan yang tetap berdiri kokoh meski dihantam bencana yang dahsyat.

1. Kuil Horyuji – Selamat dari gempa sebanyak 46 kali

(foto: taleofgenji.org)

Kuil Horyuji merupakan sebuah kuil yang terbuat dari kayu yang dibangun pada 607 Masehi. Meski terbuat dari kayu, tapi siapa sangka kuil yang terletak di Ikaruga, di Distrik Ikoma, Jepang ini pernah diguncang gempa sebanyak 46 kali, dan tetap berdiri kokoh sampai sekarang.

Para pembuat kuil kala itu diduga mendesain khusus kuil tersebut agar tahan dari berbagai macam bencana karena mengingat Jepang sejak dari dulu memang rawan diguncang gempa dan tsunami.

2. Masjid Rahmatullah – Tetap berdiri kokoh setelah dihantam tsunami besar

(foto: acehterkini.com)

Tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004 lalu dikenal sebagai bencana paling merusak sepanjang abad ini. Bencana ini menyebabkan ratusan ribu orang meninggal dunia dan meratakan seluruh bangunan dengan tanah. Tak ada yang tersisa kecuali puing-puing bangunan. Namun keajaiban terjadi pada Masjid Rahmatullah yang tetap berdiri kokoh di tengah-tengah kehancuran.

3. Sanno Shrine – Tak hancur meski di bom atom

(foto: oddee.com)

Serangan bom atom yang diluncurkan Amerika pada 9 Agustus 1945 di Nagasaki, membuat daerah yang terkena dampak ledakan hancur rata dengan tanah. Kecuali bangunan yang satu ini, yang disebut Sanno Shrine yang tetap bertahan meski terkena ledakan bom atom. Padahal bangunan di sekitarnya semuanya hancur lebur.

4. Monumen Perdamaian Hiroshima – Selamat dari serangan bom atom

(foto: washingtonpost.com)

Selain Sanno Shrine di Nagasaki, monumen yang juga dikenal sebagai Genbaku Dome ini juga berhasil selamat dari serangan bom atom di Hiroshima, pada 6 Agustus 19945. Karena bangunan ini terletak hanya 160 meter dari lokasi penjatuhan bom atom di Hiroshima, tak heran kalau bangunan ini mengalami kerusakan yang parah. Namun, tak semua bangunan ini hancur, masih ada bagian-bagian monumen ini yang tetap kokoh dan masih sanggup berdiri pasca ledakan dahsyat mengahajarnya.

Setelah kejadian naas itu, beberapa warga Jepang menginginkan bangunan ini untuk diruntuhkan, sementara yang lain ingin bangunan ini tetap utuh sebagai peringatan bom atom dan simbol perdamaian. Ketika rekonstruksi Hirsohima dimulai, bangunan ini tetap diawetkan dan menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.

Loading...
Loading...