in

8 Alat Skimmer Mesin ATM Yang Harus Anda Waspadai

(foto: Bored Panda)

Banyak kasus kartu ATM dibobol hingga semua saldo yang ada di dalamnya dicuri begitu saja. Salah satu alasan yang cukup masuk akal kenapa kartu ATM bisa dibobol, karena korban kurang waspada saat menggunakan mesin ATM.

Perlu diketahui banyak sekali penjahat yang menambahkan alat skimmer pada mesin ATM untuk mencuri rincian kartu debit atau kredit Anda ketika dimasukan ke dalam mulut mesin ATM. Tapi bukannya hanya itu, sekarang sudah banyak alat dan trik yang digunakan para penjahat untuk mengelabui para korbannya.

Korban tidak akan sadar kalau mesin ATM yang digunakannya sudah dipasang alat skimmer. Dengan begitu, para penjahat bisa melancarkan aksinya dengan mulus tanpa diketahui siapa pun. Jadi sangat penting untuk Anda mengetahui ciri-ciri mesin ATM yang ada skimmer nya.

Dilansir dari Bored Panda, berikut ini ada beberapa alat skimmer pada mesin ATM yang sulit sekali dikenalinya. Anda hanya perlu waspada saja saat menggunakan ATM jika tidak ingin jadi korban pembobolan.

1. Alat skimmer bisa berupa kedok yang menyerupai monitor ATM. Ketika dibuka isinya berisi alat pembaca rincian kartu ATM.

(foto: Bored Panda)

2. Alat skimmer bisa ditempatkan pada bagian mulut mesin ATM yang bertugas membaca rincian kartu debit atau kredit.

(foto: Bored Panda)

3. Penjahat biasanya akan memasang kamera tersembunyi untuk mengintip korban ketika memasukan password.

(foto: Bored Panda)

4. Kotak yang ditempel di atas monitor ATM ini rupanya berisi kamera tersembunyi lengkap dengan kartu memori untuk merekam aktivitas Anda di ATM.

(foto: Bored Panda)

5. Keypad palsu sengaja dipasang untuk merekam password yang dimasukan korbannya. Ditambah lagi ada alat skimmer kartu ATM.

(foto: Bored Panda)

6. Slot tempat memasukan kartu ATM yang terdapat skimmer biasanya sedikit menonjol ke depan.

(foto: Bored Panda)

7. Jika suka menyetorkan uang melalui mesin setoran tunai, sebaiknya hati-hati. Penjahat mungkin saja memodifikasi mesin tersebut dengan membuat perangkap uang. Jadi, uang sudah masuk ke dalam mesin, tapi tidak masuk ke saldo akun Anda.

(foto: Bored Panda)

8. Kamera tersembunyi yang satu ini lebih leluasa lagi untuk mencuri password kartu ATM Anda.

(foto: Bored Panda)