in

5 Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Penjuru Dunia

Sheer khurma (foto: salmagodil.blogspot.com)

Ketupat, opor ayam, dan rendang adalah hidangan yang wajib ada saat lebaran di Indonesia. Dengan adanya makanan khas lebaran, tentunya Idul Fitri jadi terasa lebih berkesan dan berwarna.

Namun bukan hanya Indonesia yang memiliki makanan khas lebaran. Beberapa negara mayoritas maupun minoritas Islam juga memiliki makanan khas yang wajib dihidangkan saat lebaran. Soal rasa, hidangan-hidangan khas lebaran dari berbagai penjuru dunia ini juga tak kalah enak dari ketupat dan opor ayam.

Simak makanan-makanan khas lebaran dari berbagai penjuru dunia berikut ini yang sudah Wow Menariknya himpun untuk Anda.

1. Tabbouleh – Libanon

(foto: andrewzimmern.com)

Tabbouleh adalah salah satu masakan khas Libanon yang paling populer di restoran-restoran makanan Arab. Sementara di Libanon sendiri, masakan yang satu ini jadi hidangan yang wajib ada di atas meja saat Idul Fitri.

Tabbouleh adalah makanan sejenis salad yang terdiri dari potongan parsley, bawang bombay, saus lemon, minyak zaitun, yang dicampurkan menjadi satu dengan bulgar, sejenis sereal khas Timur Tengah.

2. Sheer Khurma – Pakistan

(foto: india.com)

Sesuai namanya, hidangan yang satu ini berbahan dasar kurma. Hanya saja kurma diolah dengan campuran susu dan soun sehingga menjadi puding. Hidangan lezat yang satu ini adalah makanan yang wajib ada saat lebaran di Pakistan. Biasanya warga Pakistan suka menaburkan kacang-kacangan seperti almond untuk menambah citra rasa.

3. Hyderabadi Haleem – India

(foto: bongong.com)

Muslim di India juga memiliki makanan khas saat lebaran tiba. Hidangan tersebut bernama hyderabadi haleeem, sejenis bubur yang terbuat dari gandum, daging sapi, daging kambing, dan juga kacang lentil.

4. Iftariye – Turki

(foto: glitzmedia.co)

Makanan khas lebaran di Turki terbilang cukup mewah karena mirip sekali dengan pizza. Namanya adalah iftariye, hidangan yang terbuat dari tepung terigu yang diolah sedemikian rupa sehingga tampak seperti pizza yang sudah dipotong-potong.

5. Kari Chotpoti – Bangladesh

(foto: lewatmana.com)

Kari chotpoti selalu jadi hidangan favorit bagi masyarakat Bangladesh saat lebaran. Hidangan ini sangat kaya akan protein dan rendah kalori karena terbuat dari santan, kacang polong, telur dan juga kentang.