Inilah Deretan Kota Yang Hanya Memiliki Satu Orang Penduduk

(foto: Oddee)

Disebut kota, pasti daerah tersebut sangat luas dan tentunya memiliki ratusan ribu hingga jutaan penduduk. Namun apa jadinya jika ada sebuah kota yang hanya dihuni oleh satu penduduk saja?

Nyatanya di dunia ini ada beberapa kota yang hanya memiliki satu penduduk. Dalam kata lain, orang yang menghuni kota tersebut adalah walikota-nya sekaligus penduduknya. Namun entah bagaimana orang yang menghuni kota-kota tersebut bisa hidup sendirian tanpa melakukan sosialiasi dengan orang lain.

Penasaran kisahnya? Berikut simak deretan kota yang hanya memiliki satu orang penduduk, seperti dirangkum Wow Menariknya dari Oddee.

1. Monowi, Nebraska, Amerika Serikat

(foto: Oddee)

Daftar kota pertama yang hanya dihuni oleh satu orang saja yaitu Monowi yang terletak di negara bagian Nebraska, Amerika Serikat. Monowi yang cocok disebut sebuah desa ini hanya memiliki satu kepala desa yang sekaligus satu-satunya penduduk di sana.

Orang tersebut adalah Elsie Eiler, seorang wanita berusia 77 tahun yang tinnggal di sebuah rumah kayu yang ia jadikan sebagi warung dan perpustakaan. Sebelumnya ia tinggal berdua bersama sang suami, namun pada tahun 2004 sang suami meninggal dunia dan dari saat itulah Eiler hidup sebatang kara.

2. Tomioka, Jepang

(foto: Oddee)

Jepang juga ternyata memiliki kota yang hanya memiliki satu penghuni yaitu wilayah Tomioka. Kota ini tepatnya berada di zona terbatas dengan dikelilingi oleh pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Kota ini sering disebut kota berhatu namun ternyata kota ini memiliki seorang penghuni yaitu pria berusia 54 tahun  bernama Naoto Matsumura.

Dulunya kota ini memiliki penduduk sebanyak kurang lebih 16.000 jiwa, namun mulai ditinggalkan penduduknya setelah bencana Tsunami. Kota ini juga ditinggalkan karena sangat tercemar limbah dari pabrik nuklir.

3. Jordan River, Kanada

(foto: Oddee)

Sebuah kota kecil yang terletak di pinggir pantai ini bernama Jordan River, kawasan ini sering sekali terjadi gempa oleh karena itu wilayah ini tidak diminati untuk menjadi kawasan tempat tinggal. Namun tidak dengan Hugh Pite, pria berusia 72 tahun itu lebih memilihi tinggal seorang diri di kota tersebut.

4. Vila Epecuen, Argentina

(foto: Oddee)

Dulunya kota ini merupakan destinasi wisata favorit hingga memiliki jumlah penduduk sekitar 5.000 penduduk. Di kota ini juga terdapat banyak hotel, toko hingga sebuah museum. Namun sayangnya pada tahun 1985 wilayah ini terkena bencana banjir bandang sehingga semua penduduk mengungsi karena seluruh wilayah tersebut hampir tenggelam.

Sejak saat itu, kota tersebut menjadi seperti kota mati, hingga pada tahun 2009 air yang telah menenggelamkan kota tersebut kembali surut, namun tidak ada satupun penduduk yang kembali kecuali Pablo Novak, pria berusia 81 tahun yang memilih kembali dan hidup sendiri di kota ini.

5. Cass, Selandia Baru

(foto: Oddee)

Cass yang berada di wilayah Distrik Selwyn, Canterbury bagian selatan Selandia Baru, hanya memiliki satu orang penghuni yaitu bernama Barrie Drummond. Ia mulai tinggal di tempat ini seorang diri sejak berumur 65 tahun. Hingga kini ia telah hidup sendiri di wilayah tersebut selama 25 tahun. Tidak ada rencana bagi Barrie untuk meninggalkan kotanya.

Loading...
Loading...