Aneh, Susu Sapi Ini Tidak Berasal Dari Sapi

Susu sapi buatan (foto: Odditycentral)

Susu yang kita konsumsi biasanya dihasilkan dari sapi atau kambing, lalu bagaimana jika ada susu sapi namun bukan berasal dari sapi? Memang terdengar tidak masuk akal namun ternyata susu sapi yang bukan berasal dari sapi itu ternyata ada.

Perfect Day, perusahaan yang didirikan oleh Ryan Pandya dan Perumal Gandh, ilmuwan teknobiomedis dari India, berhasil menciptakan susu sapi namun bukan berasal dari sapi. Susu sitentis yang mereka ciptakan rasanya sama persis dengan susu sapi. Mereka berusaha membuat susu sintetis yang bukan berasal dari sapi, tapi memiliki rasa, warna, dan nutrisi yang sama dengan susu sapi pada umumnya.

(foto: Odditycentral)

Pembuatan susu sintetis ini justru menggunakan teknologi yang sudah ada sejak lama. Ryan menjelaskan jika teknologi yang mereka gunakan untuk membuat susu sintetis tersebut sama dengan cara pembuatan protein untuk obat-obatan, multivitamin, bahkan sabun cuci.

Seperti membuat bir, susu sapi itu dibuat dengan ragi. Ryan dan Perumal, ragi yang digunakan untuk membuat susu sintetis ini diberi nama Buttercup.

“Ketika ragi difermentasi gula, protein yang asli (kasein dan whey) akan terbentuk. Kemudian kombinasi lemak dan nutrisi nabati menciptakan susu bebas laktosa,” ungkap Ryan, seperti dilansir Odditcentral.

(foto: Odditycentral)

Ragi yang dianggap seperti sapi itu diambil dari Departemen Pertanian Amerika dan diubah menjadi sapi pembuat susu dengan menggunakan teknologi 3D printing. Ryan dan Perumal mengambil cetak biru DNA sapi, lalu menggunakan 3D printer sebagai laboratorium. Selanjutnya, DNA ini dimasukan ke dalam ragi dan menjadikannya sama seperti sapi.

Meskipun terdengar rumit namun susu sintetis ini memiliki rasa yang sama, warna, tekstur hingga nutrisi yang sama. Bedanya, susu buatan ini tidak mengandung laktosa dan tidak berasal dari sapi.

Loading...
Tidak akan spam kok!