4 Manfaat Salat Tarawih Untuk Kesehatan

Ilustrasi salat trawih (foto: tribunnews.com)

Datangnya bulan suci ramadhan memang menjadi hal yang di tunggu-tunggu oleh hampir seluruh umat muslim. Dengan datangnya bulan ramadhan diharapkan mendatangkan berkah bagi umatnya. Setiap perbuatan baik yang dilakukan di bulan Ramadhan maka pahalanya akan dilipatgandakan.

Bukan hanya itu kita juga dituntut untuk beribadah semaksimal mungkin, apalagi jika biasanya kita hanya menjalankan solat wajib 5 waktu dan runtutan solat sunahnya, ketika ramdhan tiba maka ada tambahan salat sunat yaitu tarwih yang dilakukan setelah waktu isya tiba.

Meskipun jumlah rakaatnya cukup banyak, namun ternyata salat tarawih memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Gerakan salat memang dipercaya dapat meningkatkan fleksibilitas dan kebugaran otot tubuh, demikian pula dengan salat tarawih yang durasinya lebih panjang. Dan ini lah 4 manfaat salat tarawih untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Ketika kita melakukan salat tarawih maka terjadi peningkatan daya tahan, stamina, fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Hal tersebut sama ketika kita melakukan joging atau berjalan, dampaknya akan menghasilkan perubahan fisiologis tanpa efek samping. Ketika kita mengalami perubahan fisiologis maka akan meningkatkan kesehatan dan dapat memperpanjang usia.

2. Meningkatkan Daya Tahan Lansia

Seiring bertambahnya usia, maka aktivitas seseorang akan berkurang, karena tulang yang makin terkikis hingga mengakibatkan osteoporosis. Tetapi ketika melakukan gerangan berulang dan teratur sama seperti kita melakukan salat maka kekuatan otot dan sendi akan meningkat. Salat tarawih bisa dijadikan sebagai bentuk pencegahan osteporosis bagi kebanyakan lansia.

3. Membantu Mengontrol Berat Badan

Ketika tubuh kita banyak bergerak seperti gerakan ketika kita salat ternyata dapat mengontrol berat badan dan mengeluarkan kalori tanpa meningkatkan nafsu makan. Ketika kita melakukan pembatasan asupan makanan saat sahur dan buka puasa disertai dengan salat tarawih maka akan membantu mengurangi berat badan.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup serta mengurangi kecemasan hingga depresi, namun selain itu, melafalkan doa dan ayat kitab suci ditambah dengan aktivitas ringan akan membantu reaksi yang dapat menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu salat tarawih akan membuat pikiran berada dalam keadaan rileks.

Loading...
Tidak akan spam kok!