Video Animasi Mengerikan Tentang Evolusi Senjata Nuklir

Tsar Bomba (foto: youtube.com)

Sejak AS menjatuhkan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima pada Agustus 1945, senjata nuklir terus mengalami perkembangan sampai sekarang. Sudah dipastikan senjata nuklir yang ada sekarang jauh lebih kuat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Setelah Perang Dunia II berakhir, negara adidaya seperti AS dan Uni Soviet terus mengembangkan senjata nuklir mereka. Salah satunya senjata termonuklir Arsenal milik AS, The B83 yang diciptakan pada akhir tahun 70-an.

B83 dapat menciptakan ledakan dengan kekuatan sampai 1.200 kiloton, di mana ledakan itu 80 kali lebih besar dari bom atom yang meledak di Hiroshima yaitu sekitar 1.000 ton. Jika dijatuhkan di New York City, radius ledakan B83 dapat mencapai 7 mil.

B83 (foto: youtube.com)

Kemudian pada tahun 1954, AS melakukan uji coba bom nuklir yang disebut Operasi Castle Bravo. Bom nuklir tersebut menghasilkan kekuatan sampai 1.500 kiloton, atau 1.000 kali lebih kuat dari bom atom di Hiroshima. Jika dijatuhkan di New York City, radius ledakan bom tersebut dapat mencapai 21 mil.

Castle Bravo (foto: youtube.com)

Lalu pada Oktober 1961, Uni Soviet melakukan uji coba nuklir bernama Tsar Bomba, yang merupakan bom paling kuat yang pernah diledakan. Kekuatannya mencapai 50.000 kiloton, atau 3.300 kali lipat bom atom di Hiroshima.

Tsar Bomba (foto: youtube.com)

Awan jamur yang dihasilkan Tsar Bomba lebih tinggi dari apapun yang paling tinggi di planet Bumi ini, termasuk gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest. Tinggi awan jamur Tsar Bomba dapat mencapai 209.974 kaki, sementara Gunung Everest hanya 29.029 kaki.

(foto: youtube.com)

Jika dijatuhkan di New York City, radius ledakan Tsar Bomba dapat mencapai 31 mil. Satu kota sebesar NYC bisa hancur hanya dengan satu Tsar Bomba.

Nah, Tsar Bomba diciptakan pada 1961, itu berarti sudah hampir 5 dekade berlalu sejak bom tersebut diciptakan. Lalu bisa kebayang tidak seperti apa bom nuklir zaman sekarang? Sudah dipastikan ada banyak bom nuklir yang memiliki kemampuan berkali-kali lipat dari Tsar Bomba.

Plus, diperkirakan ada sekitar 14.900 senjata nuklir di seluruh dunia. Bayangkan jika semua nuklir meledak. Dunia pasti akan kiamat.

Lihat video animasinya di bawah ini:

Loading...
Tidak akan spam kok!