Ternyata, Penggunaan Ponsel Terlalu Lama Bisa Sebabkan Tumor

(foto: matossianeye.com)

Di era modern ini nampaknya sedikit sulit untuk mencegah berbagai penyakit mematikan seperti tumor maupun kanker karena pola hidup manusia yang sudah tak sehat lagi. Kini segala hal dipermudah oleh teknologi seperti makanan hingga pengecekan kesehatan yang membuat manusia semakin malas dalam melakukan aktivitas fisik.

Salah satu penyakit yang lekat dengan pola hidup tak sehat adalah tumor. Tumor merupakan pertumbuhan jaringan tubuh dimana terjadi proliferasi yang abnormal dari sel-sel, baik itu berupa tumor ganas maupun jinak.

Banyak yang berpendapat bahwa penyebab atau pemicu timbulnya tumor berasal dari pola hidup tak sehat khususnya makanan, tapi tahukah Anda jika tumor juga bisa muncul karena penggunaan ponsel?

Robert Robinson seorang eksekutif telekomunikasi berusia 57 tahun di Italia menggunakan ponsel selama 3-4 jam sehari selama 15 tahu bekerja, dan ini adalah penyebab ia mederita tumor jinak di kepalanya. Tumor ini didiagnosis pada tahun 2010 setelah mengeluh telinga kanannya terasa seperti tersumbat sepanjang waktu.

Karena pekerjaan, Robert harus menggunakan ponsel setiap waktu untuk berbicara dengan klien. Ia mengaku selalu menelefon sepanjang waktu seperti di rumah, mobil dan dimana pun. Meski ia menderita tumor jinak, tetap saja kini ia kehilangan pendengarannya karena harus memindahkan saraf akustiknya.

Seorang ahli medis yang memeriksa kasus tersebut menyimpulkan bahwa cedera dari penggunaan ponsel tersebut adalah sebesar 23% persen dari fungsi tubuhnya.

Penelitian medis tentang gangguan kesehatan akibat penggunaan ponsel sebagian besar tak menunjukan risiko kesehatan bagi manusia jika digunakan secara normal.

Loading...
Tidak akan spam kok!