Kenapa Wajah Di Cermin Dan Foto Suka Berbeda?

Ilustrasi (Foto: Bright Side)

Tidak diragukan lagi, pasti banyak di antara kalian yang merasa heran ketika melihat wajah sendiri di cermin dan di foto. Pasalnya, wajah kadang suka terlihat berbeda jika dilihat dari cermin ataupun foto. Kira-kira kenapa yah?

Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat wajah kita terlihat berbeda antara di cermin dan di foto. Namun yang jadi pertanyaan, wajah kita yang asli itu lebih mirip wajah yang dilihat dari refleksi cermin atau dari foto?

Untuk mengetahui jawabannya, Wow Menariknya menghimpun informasi terkait masalah tersebut dari situs Bright Side. Langsung saja, simak ulasannya berikut ini.

1. Aspek psikologis

Kita cenderung melihat wajah di cermin saat sedang di rumah, lingkungan yang paling membuat kita merasa bebas dan nyaman. Adapun dalam foto, kita terkadang suka terlihat tegang atau tidak percaya diri. Oleh sebab itu, kadang kita merasa penampilan sudah okey saat bercermin, tapi saat di foto, ternyata penampilan kita tak se-okey saat bercermin.

2. Angle

Fakta yang harus kalian tahu adalah wajah kita tidak simetris. Saat bercermin, kita bisa dengan bebas melihat wajah kita dari setiap sudut yang kita inginkan. Sementara saat difoto, kadang kita tidak tahu apakah posisi kita sudah sesuai dengan angle yang kita inginkan. Oleh sebab itu, hasil di cermin selalu lebih baik dengan di foto.

3. Pencahayaan

Setiap jenis pencahayaan memiliki suhu sendiri. Tetapi ketika melihat cermin, kita tidak mempedulikan perbedaan suhu karena otak kita bekerja meratakan semua perbedaan. Di sisi lain saat kita mengambil foto, pencahayaan benar-benar bisa mempengaruhi penilaiaan Anda terhadap penampilan sendiri.

4. Berfokus pada objek tertentu

Saat kita melihat cermin, kita biasanya hanya berfokus pada bagian tertentu dari hasil refleksi wajah dan tidak melihat semuanya. Tapi ketika kita melihat diri sendiri dalam foto, kita kadang suka melihat semuanya. Oleh karena itu, saat bercermin Anda merasa sudah okey karena hanya bagian tertentu yang dilihat. Tapi dalam foto, Anda kurang merasa okey karena Anda melihat semuanya, seperti postur tubuh yang kurang tegap, atau ekspresi wajah yang kurang menarik.

5. Refleksi

Refleksi cermin menggambarkan versi diri kita sendiri menurut mata kita sendiri. Sementara foto menggambarkan diri kita jika dilihat dari mata orang lain.

Dari semua hal di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa hasil dalam fotolah yang lebih dekat dengan penampilan Anda yang sebenarnya. Jadi, apakah Anda selalu okey di foto atau cermin?

Loading...
Loading...