3 Penjelasan Ilmiah Tentang Penampakan Hantu

Ilustrasi

Kebanyakan orang menganggap kalau fenomena mistis seperti melihat penampakan hantu, mendengar suara menyeramkan, merupakan sesuatu yang tidak bisa dijelaskan oleh akal sehat. Tapi sebenarnya fenomena supranatural seperti itu bisa sedikit dijelaskan secara ilmiah.

Pada dasarnya makhluk gaib itu memang ada dan kita tidak bisa melihatnya dengan kasat mata. Bahkan sains pun tidak bisa menjangkau kehidupan gaib. Namun untuk perihal melihat penampakan hantu, atau mengalami kejadian mistis lainnya, ilmiah bisa sedikit menjelaskannya.

Berikut simak penjelasan ilmiah di bawah ini tentang penampakan hantu dan kejadian-kejadian supranatural lainnya yang mungkin pernah Anda alami.

1. Ada kesalahan dalam otak

(foto: collective-evolution.com)

Orang yang mengaku melihat hantu mungkin saja pikiran mereka sedang terganggu dan sedang tidak fokus alias melamun. Jika otak sedang dalam keadaan tidak fokus, maka penglihatan bisa kena imbasnya. Dengan sendirinya otak akan mengisi segala informasi di sekitar dengan informasi visual yang belum lengkap. Atau dalam kata lain otak akan memberikan penglihatan yang tidak sepenuhnya benar. Logikanya ketika otak seseorang sedang kacau karena obat-obatan atau mabuk, mereka terkadang melihat sesuatu jadi agak aneh dan beda dengan yang aslinya.

2. Suara infrasonik

(foto: wordpress.com)

Mungkin di antara kalian ada yang pernah mendengar suara aneh dan menyeramkan, anehnya lagi hanya kamu yang mendengarnya, apakah itu suara hantu?

Telinga manusia normalnya mampu mendengar suara dengan frekuensi 20 Hz hingga 20.000 Hz. Dan perlu diketahui, setiap suara memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Untuk suara dengan frekuensi 20 disebut dengan sura infrasonik. Suara ini pada dasarnya tidak bisa didengar oleh manusia, tapi ada beberapa orang yang kadang bisa mendengarnya.

Untuk suara infrasonik sendiri biasanya tercipta dari fenomena alam seperti angin, iklim, dan suara lainnya. Menurut penelitian, orang yang bisa mendengar suara infrasonik sering dikaitkan dengan melihat penampakan hantu dan suara-suara supranatural.

3. Faktor psikologis

(foto: bookmyshow.com)

Banyak orang yang mengaku pernah melihat hantu setelah mereka nonton film horor, atau mendengar cerita hantu. Nah, secara tidak sadar hal itu bisa mensugesti pikiran Anda berdasarkan gambar yang terakhir kali Anda lihat.

Misal Anda sedang nonton film kuntilanak, dan Anda tahu betul seperti apa sosok kuntilanak dalam film tersebut. Setelah selesai nonton, pikiran Anda mulai berhalusinasi menciptakan gambaran kuntilanak yang tadi Anda tonton. Halusinasi Anda akan semakin kuat jika sugesti yang mempengaruhi Anda sangat kuat. Bahkan dalam beberapa kasus, halusinasi tersebut seolah-olah nyata.

Sobat, itulah beberapa penjelasan ilmiah tentang melihat penampakan hantu dan mengalami kejadian supranatural lainnya. Terlepas dari benar atau tidaknya fakta ilmiah tersebut, yang jelas kita harus tetap percaya kalau makhluk gaib itu benar-benar ada.

Loading...
Loading...