Kemana Limbah Toilet Pesawat Dibuang?

Pesawat (Foto: BBC)

Sebagai penumpang pesawat, kamu pasti pernah memikirkan kemana limbah toilet pesawat dibuang? Atau pernah mengira-ngira limbah tersebut dibuang begitu saja di angkasa saat pesawat sedang melintas?

Toilet pesawat atau biasa disebut dengan lavatory umumnya memiliki teknologi khusus. Selama lebih dari 30 tahun, pesawat memakai toilet bersistem penghisap. Ini dilakukan untuk mengurangi air sekaligus menurunkan bobot muatan.

Dari penghisap itu, kotoran kemudian disalurkan ke sebuah tanki berkapasitas 757 liter yang ditanam di badan pesawat. Teknologi khusus pada toilet pesawat ini memanfaatkan kotoran penumpang menjadi beban tambahan bagi pesawat.

Karena itu, produsen pesawat memasang toilet canggih itu untuk mengurangi resiko penerbangan dari sisi muatan.

Selama penerbangan, limbah toilet itu tidak bisa dibuang begitu saja dari angkasa. Sebab, ada kunci pengaman tanki yang hanya bisa dibuka dari luar pesawat.

Tanki tolilet itu biasa dibersihkan oleh petugas khusus saat pesawat berada di apron atau tempat pesawat menisi bahan bakar, menurunkan, dan menaiki penumpang. Jadi, selama perjalanan udara kita terbang bersama kotoran penumpang pesawat.

Sumber: Mirror

Loading...
Loading...