Bahaya, Jangan Langsung Meminum Soda Dalam Kaleng!

Kaleng minuman soda (Foto: brightside.me)

Anda mungkin pernah membaca berita tentang orang yang meninggal karena leptospirosis yang disebabkan karena sering meminum soda secara langsung dari kaleng? Meski kebenarannya tidak diketahui secara pasti, tapi yang jelas meminum soda secara langsung dari kaleng sebenarnya sangat berbahaya.

Kebanyakan orang pasti suka langsung meminum soda yang dikemas dalam kaleng, apalagi saat sedang kehausan. Tapi tahu tidak kalau kaleng soda menyimpan banyak kuman yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit?

Semua kaleng minuman soda di pabrik biasanya dikemas di dalam plastik agar terhindar dari kotoran dan debu. Tapi setelah sampai di supermarket, kaleng soda akan disimpan di rak-rak supermarket tanpa memakai pelindung plastik.

Bayangkan kaleng soda yang disimpan berhari-hari di rak supermarket pasti dapat mengumpulkan banyak debu. Jadi, seharusnya kita membersihkan terlebih dahulu kaleng sodanya dengan menggunakan tisu ata serbet. Tapi apakah cukup hanya dengan membersihkan kaleng soda menggunakan tisu?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak meminum soda yang dikemas dalam kaleng.

1. Bersihkan kaleng soda terlebih dahulu karena kita tidak tahu apakah kaleng itu disimpan di tempat yang tepat.

2. Jika membersihkan dengan menggunakan tisu, itu hanya akan membersihkan debunya saja, tapi tidak kumannya.

3. Pastikan kalengnya dalam kondisi baik, tidak berkarat, bengkak, atau rusak. Jika kaleng bengkak, itu berarti kaleng tersebut sudah terkontaminasi akibat sterilisasi yang tidak benar. Kaleng juga bisa bengkak jika ada penyok atau lubang di dalamnya.

4. Kalau kaleng rusak, lapisan logam bagian dalam yang mencegah dari kontak langsung dengan cairan dapat rusak. Dalam hal ini, logam sudah teroksidasi, dan oksida ini bisa bercampur dengan cairan dalam kaleng. Lebih baik tidak meminum soda yang kalengnya sudah rusak.

Jadi kesimpulannya, Anda harus membersihkan terlebih dahulu kaleng minuman soda sebelum meminumnya. Gunakan tisu yang masih bersih.

Sumber: Brightside.me

Loading...
Loading...