8 Makanan Yang Seharusnya Jangan Disimpan Dalam Kulkas

Ilustrasi

Kebanyakan orang pasti menyimpan bahan makanan di dalam kulkas agar tahan lama dan kesegarannya tetap terjaga. Tapi tidak semua makanan itu bisa disimpan di dalam kulkas lho.

Ada sejumlah makanan yang akan kehilangan nilai gizi, rasa dan teksturnya jika dimasukkan ke dalam kulkas. Bahkan beberapa makanan bisa berubah jadi tidak sehat jika seandainya disimpan di dalam ruangan bersuhu dingin.

Seperti dilansir Wow Menariknya dari Brightside, berikut ada beberapa makanan yang seharusnya jangan disimpan di dalam kulkas.

1. Alpukat

Jika buah alpukat disimpan di dalam lemari es, tekstur dagingnya bisa berubah jadi sangat lembut karena menyerap kelembaban melalui kulitnya. Yang terbaik untuk menyimpan buah alpukat adalah dalam mangkuk khusus buah.

2. Kentang

Menempatkan kentang pada suhu di bawah 7 derajat Celcius, maka hal itu bisa membuat kentang jadi memiliki rasa manis yang tidak enak. Daripada menyimpan kentang di dalam lemari es, lebih baik simpan kentang di tempat yang lembab tapi tidak dingin.

3. Cokelat

Kebanyakan dari kita pasti suka menyimpan cokelat di dalam kulkas agar tidak meleleh. Jika demikian, kristal sukrosa dalam cokelat akan keluar dan menimbulkan bercak putih. Akibatnya, rasa alami cokelat akan hilang.

4. Buah-Buahan Tropis

Buah-buahan tropis akan cepat membusuk dan bisa jadi berbahaya jika disimpan di dalam kulkas. Oleh karena itu, buah tropis lebih baik disimpan di tempat yang kering dan gelap.

5. Bawang

Suhu dingin dalam kulkas dapat membuat bawang jadi lembut dan tak layak untuk dikonsumsi. Selain itu, kelembaban dalam lemari es dapat memicu tumbuhnya bakteri dan jamur berbahaya dalam bawang.

6. Madu

Suhu dingin dapat mempercepat proses kristalisasi madu. Akibatnya madu akan kehilangan rasa alami dan nilai gizinya. Agar madu tidak kehilangan gizinya, simpanlah dalam botol tertutup, lalu tempatkan di ruangan dengan suhu sedang.

7. Tomat

Kulkas bukan tempat yang cocok untuk menyimpan tomat. Suhu dingin dapat mempengaruhi rasa tomat dan juga teksturnya jadi lembek.

8. Pisang

Ketika disimpan dalam suhu dingin, pisang akan cepat berubah jadi hitam dan terlihat tidak menarik secara visual. Jika di toko Anda sering melihat pisang dengan bintik-bintik hitam, itu bukan berarti pisang tersebut sudah matang, tapi karena pisang itu belum disimpan dengan benar..

Loading...
Loading...