5 Aplikasi Smartphone Yang Paling Banyak Menguras Kuota

(Foto: bgr.com)

Masalah yang sering dihadapi para pengguna smartphone tak hanya soal baterai yang mudah habis, tapi juga kuota yang juga mudah habis. Kalau kuota mudah habis, pasti ujung-ujungnya adalah mengeluarkan uang untuk membeli kuota lagi.

Tak masalah bagi yang banyak uangnya, tapi kalau yang sedang bokek gimana? Tak ada cara lain selain membatasi penggunaan data. Tapi lebih dari itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota. Salah satunya dengan mengenali aplikasi mana saja yang menguras kuota paling banyak dan bagaimana cara meminimalisir pengeluaran kuota.

Dilansir dari DroidLime.com, berikut ini ada lima aplikasi yang notabene digunakan banyak pengguna smartphone, tapi ternyata paling banyak menguras kuota.

1. Google Play Store

(Foto: indianexpress.com)

Pada dasarnya aplikasi Google Play Store memang tidak menguras data. Namun karena fitur auto-update aplikasi inilah yang bisa membuat kuota Anda tiba-tiba habis. Kadang auto-update suka berjalan tanpa disadari, dan membuat kuota jadi boros. Oleh karena itu aktifkan fitur auto-update ini saat terhubung ke Wi-Fi saja.

2. Facebook

(Foto: mobyaffiliates.com)

Aplikasi Facebook juga memakan banyak data, terutama fitur auto play video di aplikasi ini. Perlu diketahui, video di Facebook lebih sulit diputar ketimbang YouTube. Jadi, kuota yang dikeluarkan untuk memutar video di Facebook pasti lebih banyak.

Untuk mematikan fitur auto play video Facebook, Anda bisa masuk ke pengaturan aplikasi, lalu pilih putar otomatis, dan kemudian pilih opsi “Jangan Pernah Putar Video Otomatis” atau “Putar Otomatis Di Koneksi WiFi Saja.”

Selain itu non-aktifkan juga fitur unggah foto dalam format High Definition (HD) dan unggah video HD.

3. Twitter

(Foto: designntrend.com)

Sama dengan Facebook, Twitter juga memiliki fitur auto play video dan GIF. Tak heran jika fitur ini bisa menyedot kuota secara drastis. Nonaktifkan fitur auto play ini dengan pergi ke menu setting > general > video autoplay. Untuk lebih menghemat kuota lagi, Anda bisa menonaktifkan image previews in timeline.

4. Instagram

(Foto: wersm.com)

Siapa sih yang tidak memiliki aplikasi Instagram di smartphone-nya? Notabene orang pasti meiliki aplikasi ini untuk berbagi foto dan juga video. Namun ternyata, aplikasi Instagram juga menyedot banyak kuota karena memiliki fitur auto play video dan pemuatan gambar secara otomatis.

Untuk mematikan fitur ini, pergi ke menu pengaturan aplikasi. Kemudian pilih menu penggunaan data seluler. Berikan tanda centang pada opsi gunakan lebih sedikit data. Dengan cara ini, fitur auto play video dan pemuatan gambar secara otomatis dapat terjadi hanya saat terhubung ke WiFi.

5. YouTube

(Foto: tmrhacks.com)

Karena YouTube adalah aplikasi untuk nonton berbagai macam video, sudah dipastikan kuota yang digunakan saat memutar video sangat besar. Untuk menghemat kuota saat nonton YouTube, Anda bisa memilih resolusi video yang lebih rendah.

Loading...
Tidak akan spam kok!