Suara Boneka Ciptaan Thomas Edison Ini Akan Menghantui Mimpi Kamu

Suara boneka Alva Edison (foto: Huffington Post)

Jauh sebelum boneka-boneka seram muncul dalam film horor, penemu terkenal Thomas Alva Edison ternyata pernah menciptakan boneka pertama yang bisa berbicara, dan sekaligus yang paling menakutkan.

Dibuat pada tahun 1890-an, boneka yang dimaksud memiliki berat 4 pound dan tinggi 22 inci. Yang menyeramkan dari boneka ini yaitu boneka tersebut bisa berbicara. Suara menyeramkan dari boneka itu kemudian direkam dan disimpan dalam piringan hitam berbentuk silinder.

Setelah satu abad lebih rekaman suara boneka tersebut disimpan di dalam silinder, tak heran kalau silinder itu tak bisa membuka rekaman. Namun, baru-baru ini Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley bekerja sama dengan Perpustakaan Kongres untuk membuat sistem scanning optik tiga dimensi yang disebut IRENE-3D.

Dengan menggunakan IRENE-3D, alat ini bisa mengekstrak data audio yang terdapat dalam piringan hitam tadi. Hasilnya, suara menyeramkan dari boneka-boneka ciptaan Edison bisa dikembalikan.

Total rekaman yang ada dalam piringan itu ada delapan rekaman dari lima koleksi boneka Edison. Diantaranya, “Jack dan Jill”, “Twinkle, Twinkle, Little Star”, “Little Jack Horner”, dan yang paling menyeramkan dari semua suara boneka adalah “Now I Lay Me Down to Sleep”.

Dalam rekaman terdengar suara teriakan wanita muda yang tampak sedang berada di bawah tekanan yang ekstrim.

Menurut CNET seperti diberitakan Huffington Post, hanya sejumlah kecil dari boneka-boneka tersebut yang ada di dunia saat ini, kebanyakan dari mereka merupakan koleksi priabdi.

Penasaran dengan suara menyeramkan boneka-boneka ciptaan Edison di tahun 1890. Lihat cuplikannya di bawah ini:

Loading...