Sejak Perang Dunia II, Nenek 92 Tahun Kembali Menerbangkan Pesawat Tempur

Joy Lofthouse (foto: BBC)

Sangat menakjubkan apa yang dilakukan nenek bernama Joy Lofthouse. Di usianya yang sudah 92 tahun, ia masih bisa menerbangkan pesawat tempur jenis Spitfire yang digunakan pada Perang Dunia II. Sebelumnya, dia adalah pilot wanita yang pernah terbang pada PD II.

Hampir 70 tahun setelah PD II usai, Lofthouse masih belum kehilangan kemampuannya menerbangkan pesawat tempur. Dia pertama kali menerbangkan pesawat Spitfire sejak bergabung dengan Air Transport Auxiliary pada tahun 1943. Dia juga merupakan salah satu pilot wanita yang masih hidup dari 164 pilot wanita lainnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Daily Mail pada tahun 2009 lalu, Lofthouse menjelaskan apa yang disebut terbang selama masa perang.

“Ketika perang pecah, semua pacar kita akan berbicara tentang terbang. Jadi ketika kita melihat sebuah iklan, kami berdua memutuskan untuk ikut. Setelah kami berada di sana, tidak ada diskriminasi seks,” katanya.

“Itu merupakan pekerjaan terbaik untuk dimiliki selama masa perang karena itu menarik, dan kami bisa membantu memenangkan perang,” tambah Lofthouse.

Bulan lalu, Lofthouse mendapat kesempatan kembali untuk duduk di kursi pilot, berkat bantuan rekan pilotnya sewaktu di Akademi Penerbangan Boultbee di Britania Raya Chichester.

Sebelum melakukan penerbangan untuk pertama kalinya sejak PD II, dia mengatakan kepada BBC bahwa dirinya sangat merasa senang dan terbang kembali membuat dirinya merasa muda.

sumber: BBC/MNN

Loading...