Pria Ini Klaim Bisa Cicipi Rasa Suara, Seperti Apa Rasanya?

James Wannerton (foto: BBC)

James Wannerton adalah pria asal Inggris yang mengklaim memiliki kemampuan langka untuk mencicipi rasa suara. Kedengarannya memang tak masuk akal, tetapi itu adalah bakat alaminya. Lantas, seperti apa rasa suara itu menurut James?

Setiap ada suara, James selalu menjulurkan lidahnya. Misalnya saja ketika ia mendengar nama Anne Boleyn di kelas sejarah, menurutnya rasanya seperti tetesan air buah pir.

Kondisi yang dimiliki James memang sangat langka yang disebut dengan synaesthesia, kondisi yang menyebabkan indra yang biasanya terpisah untuk berbaur.

Saat tumbuh dewasa, dia mulai menemukan bahwa kemampuan uniknya itu bisa diterapkan dalam aspek kehidupan. Dalam hal memilih teman saja, dia tidak memperhatikan penampilan atau kepribadian mereka, melainkan didasarkan pada rasa saat mendengar nama mereka.

Pria itu mengatakan bahwa nama teman-temannya memiliki rasa seperti irisan kentang atau selai stroberi, sementara nama teman kencannya memiliki rasa seperti anggur meleleh. Bagaimanapun, nama yang paling disukai James adalah nama ayah dan ibunya.

“Aku selalu lebih suka ibuku sampai ayahku, kerena ibu saya rasanya lebih dari dari rasa kacang polong yang diproses dan dia rasanya seperti es krim. Dia kadang-kadang membuat otakku membeku,” canda James, seperti dilansir Odditycentral.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Edinburgh, empat persen populasi di Inggris mungkin akan terpengaruh oleh pengaburan indra. Dan synaesthesia terjadi dalam berbagai bentuk. Jenis paling umum adalah grapheme-colour synaesthesia, di mana penderita melihat angka dan kata-kata itu seperti warna.

James sendiri tampaknya telah mewarisi kondisinya itu dari ibunya, yang melihat hari minggu itu sebagai warna. Kondisinya itu kadang-kadang sangat mengganggunya, tetapi dilain waktu, kondisinya itu bisa memberikan kesenangan dan keuntungan kepadanya.

Loading...