Kecintaan 4 Warga Negara Asing Ini Terhadap Indonesia Lebih Besar daripada Anda

Robin Lim

Pernahkah Anda berpikir seberapa besarnya rasa cinta Anda terhadap Indonesia? Jika kecintaan Anda terhadap Indonesia sangat besar, apa saja pengabdian Anda yang sudah Anda lakukan untuk Indonesia? Jangan pernah bilang Anda mencintai Indonesia sebelum melakukan sesuatu untuk negara ini.

Sebagai orang asli Indonesia, kita sudah seharusnya mencintai negara kita sendiri dengan sepenuh hati. Buktikan rasa cintamu dengan melakukan pengabdian yang berguna bagi negara dan bangsa. Seperti beberapa warga negara asing ini, yang rasa kecintaannya terhadap Tanah Air mungkin lebih besar daripada Anda.

Meski mereka orang asing, bukan penduduk asli Indonesia, tetapi jangan remehkah pengabdian yang sudah mereka lakukan untuk negara kita Indonesia. Siapa sajakah mereka? Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa warga negara asing yang sangat mencintai Indonesia lebih besar daripada Anda.

4. Robin Lim

(foto: Reuters)

Robin Lim dianggap sebagai malaikat penolong bagi keluarga miskin, khususnya bagi ibu hamil. Meski dia lahir di Arizona, AS, dia adalah bukti nyata dari seorang RA Kartini. Tanpa pamrih, dia menolong setiap ibu hamil yang hendak melahirkan secara gratis alias tak perlu bayar sepeser pun.

Selama dua dekade dia tinggal di Bali dan telah banyak membantu proses persalinan ibu hamil. Menurutnya, banyak ibu hamil yang meninggal karena kondisi perekonomiannya kurang memadai serta asupan gizi yang kurang. Karena alasan itulah, dia mendedikasikan seluruh hidupnya untuk membantu orang yang kesusahan.

Berkat pengabdiannya itu, Robin Lim pernah mendapat gelar kemanusiaan, salah staunya adalah Hero 2011 oleh CNN.

3. Andre Graff

(foto: brilio.net)

Andre Graff adalah seorang warga negara Prancis yang tinggal di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Di sana ia dipanggil dengan nama Andre Sumur, karena pria itu sering menggali sumur bagi warga setempat.

Berawal dari perjalanan wisata, hati Andre mulai tersentuh ketika melihat penduduk Sumba kesulitan mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, ia mendedikasikan hidupnya untuk menggali sumur bagi warga, dan sejak saat itu ia memutuskan untuk tinggal di Indonesia.

Sampai sekarang, Andre sudah membuat puluhan sumur agar penduduk setempat bisa dengan mudah mendapatkan air yang bersih.

2. Gavin Birch

Gavin yang berbaju kuning (foto: viva.co.id)

Gavin Birch merupakan seorang pengusaha yang sukses di Australia, dia juga memiliki cabang di Bali. Kecintaan pria kelahiran Selandia Baru itu terhadap Indonesia mulai tumbuh ketika melihat sampah berserakan di Pantai Senggigi di Lombok.

Menyayangkan pantai seindah itu diluputi sampah, Gavin tak tinggal diam dan memutuskan untuk membersihkannya sendirian. Oleh sebab itu, ia dikenal sebagai turis pemungut sampah yang baik hati. Dalam usahanya menjaga pantai Lombok bebas dari sampah, ia bahkan rela menjual rumahnya di Australia dan Bali demi tinggal di Lombok.

Melansir KapanLagi.com, selama tinggal di Lombok, Gavin menikahi penduduk setempat bernama Siti Hewa. Bahkan ia telah berpindah keyakinan menjadi seorang muslim dan mengganti namanya menjadi Husin Abdullah.

Pada tahun 2010 lalu, Gavin menghembuskan nafas terakhirnya. Jasanya untuk kebersihan salah satu pulau paling eksotis di Indonesia terlalu besar.

1. Carlos Ferrandiz

(foto: KapanLagi.com)

Bagi Carlos, Indonesia bukan sekedar tempat yang menyimpan banyak keindahan alam. Pria asal Spanyol itu begitu mencintai Indonesia dan telah banyak melakukan pengabdian terhadap tanah air, terutama di sektor pendidikan.

Kualitas pendidikan adalah hal utama yang paling disorot Carlos. Dia menganggap kualitas pendidikan di Indonesia khususnya Sumbawa sangat memprihatinkan. Oleh sebab itu, dia memutuskan untuk tinggal di Sumbawa sambil mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak di sana.

Kelas bahasa Inggris yang ia buka bisa diikuti siapa saja bagi mereka yang ingin belajar berbahasa Inggris. Yang lebih baiknya lagi, kelas itu gratis bagi anak-anak kurang mampu.

Loading...