7 Negara Ini Sangat Membenci Amerika Serikat

(All Photo Credit: The Richest)

Sebagai negara adidaya, belum tentu Amerika Serikat banyak disegani negara-negara lain. Justru, negeri Paman Sam itu banyak dibenci negara lain, terutama oleh negara-negara yang pernah terlibat konflik atau memiliki hubungan buruk dengan AS.

Baik itu konflik di masa lalu yang terbawa-bawa sampai sekarang, atau kebijakan AS yang dianggap membawa dampak buruk, berikut beberapa negara di dunia yang sangat membenci Amerika Serikat, seperti dilansir The Richest.

7. Slovenia

Lebih dari 50 persen orang di Slovenia sangat membenci Amerika Serikat. Sebab, Slovenia memiliki hubungan erat dengan Yugoslavia yang dulu juga memiliki hubungan dekat dengan Uni Soviet. Perang Dingin diduga menjadi penyebab utama orang-orang Slovenia sangat membenci AS.

6. Mesir

Mesir dan AS telah melakukan banyak kerja sama di sektor perdagangan dan untuk melawan terorisme di Timur Tengah selama bertahun-tahun. Namun tetap, sekitar 58 persen penduduk Mesir tidak menyetujui kepemimpinan AS.

Hal itu dikarenakan kurangnya bantuan dari AS sendiri, sementara Mesir merupakan negara dengan penduduk terpadat di daratan Arab. Setelah pemerintah baru terpilih, Mesir belum banyak menerima bantuan dari AS. Bahkan, AS telah memutuskan untuk berhenti memberi bantuan ke negara itu.

5. Pakistan

Dalam kasus Pakistan, keterlibatan AS dalam hal bantuan militer ternyata memerlukan biaya yang tak sedikit. Pakistan harus membayar setiap menerima bantuan militer AS, terutama dalam hal memerangi terorisme.

Padahal, Pakistan merasa mereka mampu memerangi terorisme dan menyelesaikan konflik dengan usaha sendiri tanpa bantuan dari luar. Belum lagi ketika Osama Bin Laden ditemukan bersembunyi di sana, semakin meningkatkan kecurigaan AS bahwa Pakistan banyak menyimpan teroris.

4. Palestina

Negara yang memiliki konflik panjang dengan Israel ini benar-benar sangat tidak suka terhadap AS. Pasalnya, negara AS dengan terang-terangan memberikan dukungan kepada Israel untuk menggempur tanah mereka. Amerika Serikat juga menganggap Hamas sebagai kelompok teroris dan berniat memusnahkan mereka.

3. Turki

Hampir 73 persen penduduk Turki tidak suka kepada Amerika Serikat. Mereka menganggap bahwa AS merupakan pengganggu yang suka ikut campur masalah negara lain. Selain itu, AS juga menganggap negara ini banyak menyimpan terorisme yang harus segera disingkirkan.

2. Iran

Sejak tahun 1953, ketika CIA mengusir Perdana Menteri Iran telah meningkatkan konflik antara kedua negara tersebut. Ketegangan terus bertambah ketika Iran mengambil 66 sandera yang merupakan tahanan AS pada tahun 1979.

Karena tindakan tersebut, AS dan beberapa negara lain setuju untuk memberikan sanksi kepada Iran. Akibat sanksi itu, Irang mengalami kesulitan melakukan kerja sama dengan negara-negara lain.

1. Rusia

Akibat Perang Dingin, ketegangan antara Rusia dan Amerika Serikat semakin memuncak bahkan sampai sekarang. Lebih dari 80 persen orang Rusia tidak setuju dengan pemerintahan AS. Sanksi yang baru-baru ini dijatuhkan AS terhadap Rusia hanya semakin mengintensifkan kebencian.

Loading...