Empat Kasus Massa Hilang Secara Misterius Dalam Sekejap

Menghilangnya satu atau dua orang dalam waktu relatif singkat mungkin sudah sering terjadi, tapi bagaimana dengan yang hilang itu bukan satu atau dua orang lagi, melainkan sekampung atau bahkan satu koloni.

Nyatanya sepanjang sejarah ini ada beberapa kasus massa hilang secara misterius dalam sekejap. Yang lebih mengagetkannya lagi, mereka hilang tanpa jejak serta tanpa bukti yang jelas.

Berikut Wow Menariknya merangkum beberapa kasus massa yang hilang secara misterius dalam waktu sekejap.

4. Danau Anjikuni

Sebelumnya terdapat sebuah desa nelayan yang berlokasi di sekitar Danau Anjikuni yang terletak di utara Kanada. Namun, ketika seorang bernama Joe Labelle kembali ke desa itu dengan harapan bisa bertemu dengan para penduduknya, alangkah terkejutnya Joe ketika ia tidak menemukan seorang pun di desa tersebut.

Kejadian itu terjadi pada November 1930. Sekitar 2.000 penghuni desa tersebut hilang secara misterius tanpa jejak yang pasti.

Namun, Joe tetap memeriksa setiap rumah penduduk, di sana ia menemukan beberapa barang seperti makanan dan peralatan yang masih utuh. Merasa ada hal ganjil, Joe pun langsung melaporkan kejadian itu kepada pihak berwenang Royal Canadian Mounted Police (RCMP).

Mereka pun segera melakukan penyelidikan dan menemukan beberapa barang seperti kereta luncur yang biasa digunakan orang Eskimo terkubur di bawah salju. Selain itu mereka juga menemukan kuburan yang kelihatannya masih digali, tapi tidak ada jasadnya.

3. Koloni Roanoke

Hilangnya koloni Roanoke yang terjadi pada tahun 1587 masih jadi misteri hingga sekarang. Roanoke itu sendiri terdiri dari 115 pemukiman asal Inggris yang mendirikan koloni di dekat pantai California Utara.

Gubernur Roanoke, John White, sempat meninggalkan koloninya pada tahun 1587 untuk membantu pasukan Inggris. Namun, ketika ia kembali ke koloninya tiga tahun kemudian, John tidak melihat seorang pun di koloni tersebut.

Satu-satunya yang menjadi petunjuk hilangnya penghuni koloni ini adalah sebuah ukiran di bagian sisi gerbang kayu yang bertuliskan “Croatoan”. Tulisan itu lebih merujuk pada nama sebuah pulau yang terletak di selatan, rumah bagi suku Croatoan yang merupakan penduduk asli Amerika.

Nyatanya tidak ada tanda penghuni koloni di Croatoan setelah dikunjungi. Sejak saat itu, penduduk koloni Roanoke dinyatakan menghilang secara misterius. Anggapan itu pun memunculkan banyak spekulasi dari mulai ada anggapan bahwa penduduk koloni tersebut telah dibunuh, pindah tempat, dan bahkan diculik oleh alien.

2. Mary Celeste

Mary Celeste merupakan sebuah kapal dua tiang jenis pengangkut kargo dan penumpang yang ditemukan di Samudera Atlantik tanpa awak ketika mulai berlayar pertama kali pada tahun 1872.

Anehnya lagi, ada banyak pasokan makanan untuk 6 bulan di dalam kapal tersebut serta beberapa botol alkohol yang masih utuh. Sementara itu, sang kapten kapal, Benjamin Briggs, istri dan anak perempuannya beserta dengan 7 awaknya menghilang tanpa jejak.

Beberapa sejarawan percaya bahwa hilangnya sang kapten dengan penumpang lainnya dikarenakan mereka melarikan diri untuk beberapa alasan yang tidak diketahui.

1. USS Cyclops

Ini merupakan kapal milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal tersebut menghilang secara misterius beserta 306 awak dan penumpangnya pada masa Perang Dunia I.

Beberapa spekulasi menyebutkan bahwa kapal tersebut hilang di wilayah Segitiga Bermuda. Sementara yang lain menyebut bahwa kapal tersebut beserta seluruh penumpangnya dibajak oleh kapal selam milik Jerman. Tapi pemerintah Jerman menolak tudingan itu dan mengaku tidak terlibat dalam hilangnya kapal tersebut. Namun anggapan lain menyebutkan bahwa kapal tersebut tenggelam karena barang-barang yang diangkutnya terlalu berat.

Loading...